Pengikut

Jumat, 31 Agustus 2012

Manfaat Internet Untuk Bisnis


internet.bisnismurahBisnis Online – Jika anda adalah Pemilik , atau salah satu bagian pencari kerja atau mencari peluang usaha. Di dunia, saat ini adalah petunjuk besar keberhasilan anda. adalah pasar yang sangat luas dan tidak terbatas untuk bisnis anda. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengambil langkah positif menjaring konsumen yang lebih luas melalui , dengan menggunakan website dan social media sebagai sarana pengenalan dan penjualan produk anda.
Bukanlah pernyataan yang berlebihan jika saya mengatakan bahwa telah merevolusi semua aspek dunia pemasaran. Mengapa? Seperti yang telah saya tulis dalam artikel saya yang berjudul: “Rahasia Berjualan kejutaan orang didunia lewat Facebook”. Global audience sebanyak 836.882.440. yang lebih dahsyatnya Indonesia menduduki peringkat ke tiga setelah India (45.019.840) dengan jumlah pengguna di Indonesia sebanyak 43.523.740. dan Amerika sebanyak 155.892.160. sungguh jumlah yang luar biasa, Ini adalah kesempatan besar bagi anda yang ingin mengembangkan usaha atau promosi melalui internet () atau orang sering menyebut dengan .
Bisnis Online saat sudah bukan hal yang asing lagi, bahkan merupakan kebutuhan bagi pelaku bisnis. Untuk itu, saya sarankan bagi Anda pelaku bisnis apapun jika belum menambah promosi bisnis di internet, segeralah Anda lakukan, bisa dengan , bikin Website atau . Jika Anda ingin berbisnis, pilihlah Bisnis Online. Salah satu alasannya adalah MUDAH, MURAH dan EFEKTIF.
Mengapa Bisnis Online sebagai alat percepatan bisnis?
Mari kita bersama-sama mengamati sebuah jejaring social yang sudah tidak asing lagi di dunia yaitu “Facebook”.
  1. Pada saat anda akan masuk Facebook, anda akan melihat tulisan “Mendaftar Gratis sampai kapan pun”. Satu point istimewa bagi anda yang ingin membuka usaha dengan modal yang pas-pasan. Facebook menawarkan pada kita Pasar yang sangat luas bahkan mendunia dengan GRATIS. Selain itu, silahkan anda lihat tulisan yang ada dibagian paling bawah, facebook menuliskan Buat Halaman untuk selebriti, grup musik, atau bisnis.
  2. Dengan Facebook kita dapat berhubungan langsung dengan calon konsumen kita yang berada jauh dari tempat kita sekarang.
  3. Dapat memilih teman dimanapun tempat yang kita sukai, bahkan jika anda jeli, kita dapat membidik pasar dengan mudah melalui facebook. Artinya tidak hanya berjualan dengan cara update status dan mencari teman sebanyak-banyaknya.
  4. Menjual kejutaan orang di seluruh dunia tanpa satu temanpun juga bisa anda lakukan di facebook.
  5. Dengan Facebook anda juga dapat menemukan pembeli produk Anda dalam waktu yang sangat singkat.
  6. Dapat digunakan seumur hidup untuk promosi bisnis Anda.
Bukankah Bisnis Online hal yang sangat luar biasa? Saat orang bingung mencari pasar, dengan facebook dan website Anda dapat dengan mudah mengontrol pasar, dan pada saat orang bingung memikirkan siapa yang akan beli produknya anda sudah bisa mengetahui berapa banyak pembeli produk Anda. Yang lebih dahsyat lagi, Anda bisa mengetahui di kota mana Anda harus jualan/promosi produk Anda, karena anda sudah dapat mengetahui daerah mana yang sedang trend dengan produk Anda.

Kunci Entrepreneurship, Kreatif dan Inovatif

Kunci Entrepreneurship, Kreatif dan Inovatif

Kunci Entrepreneurship, Kreatif dan Inovatif
Dunia usaha boleh saja berubah cepat. Sayangnya, teori-teori yang muncul, relative tidak diperbarui. Hasilnya? Peter Dracker, pakar ekonom dan manajemen. Langsung menuding. Katanya, “Ekonomi berdasarkan manajemen telah mati!”. Komentarnya ini sebagai
sikapnya terhadap upaya penerapan teori yang dihasilkan dari kajian akademis seringkali terbentur berbagai variable yang tak pernah diperhitungkan sebelumnya.
Bagaimana Paul Ormerod? Lebih ekstrim lagi. Malah secara tegas mengemukakan pendapat yang seolah memvonis bahwa ilmu ekonomi –secara keseluruhan- telah mati. Dracker menilai, manajemen amat lambat menjawab perubahan yang terjadi. Ia melihat, pihak yang mampu menjawab perubahan dunia usaha yang begitu cepat bukanlah manajemen, tetapi ekonomi berdasarkan kewirausahaan (entrepreneurship).
Itu sebabnya Dracker maupun Paul EMrod haqul yaqin, maju mundurnya perusahaan tergantung pada kemampuan sang entrepreneur –umumnya pendiri atau pemilik usaha- untuk mengembangkan bisnisnya. Kesimpulannya, kegagalan sang pemilik memajukan perusahaan, berakibat mandeknya perusahaan yang bersangkutan. Artinya, terdapat ketergantungan yang begitu tinggi terhadap sang entrepreneur (si empunya perusahaan/sang wira usaha)
Begitupun Prof. Alejandrino J. Ferreria dari Asean Institute of Management di Filipina, sami mawon. Menurutnya, superioritas usaha yang digeluti amat ditentukan oleh paradigma wirausaha itu sendiri. “Sukses yang dicapai sekarang, tidak ada artinya jika tidak diimbangi dengan perencanaan dan kemampuan melihat ke depan,” ungkap Alejandrino dalam suatu lokakarya di lembaga manajemen PPM di Jakarta. Masih kata Alejandrino, setidaknya ada empat paradigma yang dapat membuat seorang wirausaha menjadi sukses atau superior di tingkat persaingan usaha yang semakin ketat.
Pertama, seorang wirausaha harus mampu memprediksi kemungkinan dimasa mendatang. Sebab, entrepreneur itu harus sarat ide-ide, seolah hanya melihat peluang dan kepuasan pelanggan. Sedangkan eksekutif, adalah seorang yang senantiasa menyelesaikan masalah yang timbul di perusahaan. Paradigma kedua, fleksibilitas dari sang wirausaha. “Seorang entrepreneur harus bisa cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja maupun lingkungan usaha,” paparnya.
Nah, hal ini diyakini akan membawa perusahaan untuk terus bisa bertahan. Ketiga, rule of the game, harus dinamis dalam mengantisipasi sebagal macam kemungkinan sebagai kemampuan mengubah aturan main. Hal ini berkaitan erat dengan inovasi atau penciptaan hal-hal baru dalam berbisnis. Perubahan sistim pembayaran tariff telepon selular dari pascabayar ke prabayar merupakan contoh nyata perubahan aturan main (rule of the games) yang sangat antisipatif.
Paradigma keempat adalah kemampuan melanjutkan perubahan dari aturan atau bentuk yang telah ada sebelumnya. “Inovasi yang kita buat dalam beberapa masa ke depan akan selalu tertinggal. Kemampuan memperbaharui produk dan aturan main inilah yang dapat membuat seorang wirausaha menjadi superior, “ tandas Alejandrino serius. Tapi tunggu dulu, kenyataan lain mengungkap bahwa kewirausahaan seorang entrepreneur saja ternyata belum cukup. Sebab, tentu ada keterbatasanketerbasatan sang wirausaha itu sendiri dalam menggelindingkan roda usahanya.
Itu sebabnya seorang wirausaha tidak boleh pelit dalam menularkan (mentransformasikan) ilmu entrepreneurshipnya kepada individu-individu di setiap lini perusahaannya. Nah, ini yang disebut dengan intrapreneurship atau intrausaha. Sebab, pada dasarnya, intrapreneurship adalah jiwa wirausaha yang juga merupakan hal mutlak yang harus dibangkitkan pada individu-individu dalam suatu perusahaan.
Konon, intrapreneurship belakangan makin berkembang saat perusahaan pusing tujuh keliling memikirkan pesaing-pesaing barunya yang memiliki sumber daya manusia dengan tingkat entrepreneurship amat tnggi. “Timbulnya fenomena ‘baru’ sebperti ini, pada akhirnya memaksa perusahaan untuk mentransformasikan jiwa wirausahanya kepada individu-individu di organisasinya,” kata pakar pemasaran dari Universitas Indonesia D. Rhenald Kasali. Kedepan, lanjutnya, kombinasi antara entrepreneurship dan intrapreneurship inilah yang akan menjadi kendaraan untuk mencapai tujuan secara optimal. Jadi, ketika manajemen dianggap mati dan digantikan kewirausaha, bukan berarti manajemen tak diperlukan sama sekali. Manajemen tetap perlu, dan sebagai
jawabannya ada pada intrausaha.
Jadi, intrausaha merupakan kombinasi antara wirausaha dengan manajemen, karena jiwa entrepreneur juga tumbuh dari sebuah
organisasi yang dijalankan dengan mengadopsi manajemen sebagai sarana mentransformasikannya. Memang, seperti kata Rhenald, entrepreneurship wajib dimiliki setiap pemimpin (leader) masa kini. Namun entrepreneurship dapat diciptakan, bukan hanya dilahirkan.
Karena itu, entrepreneur adalah seorang individu yang terorganisasi dengan baik, bukan acak-acakan dan tak ter struktur.
Lantas, bagaimana MLM? Banyak menyebut, bidang usaha ini “Universitas Entrepreneur”. Maklumlah, di bisnis yang memadukan selling dan sponsoring ini, setiap pelakunya diarahkan menjadi pengusaha mandiri, tanpa melihat embel-embel pendidikan maupun status sosial lainnya. Mereka terus dituntut kreatif dan inovatif dalam setiap kondisi, bangkit dari kegagalan, menciptakan  downlinenya sebagai wirausaha juga. Tanpa duplikasi ini, jangan berharap seseorang menunai kesuksesan di MLM.
Jadilah Entrepreneur yang Kreatif dan Inovatif. Tetap semangat.

Kamis, 30 Agustus 2012

Cara Menjalankan Usaha atau Bisnis

Cara Menjalankan Usaha atau Bisnis

cara menjalankan usaha | cara menjalankan bisnisCara menjalankan Usaha atau Bisnis – Semua orang di dunia pasti menginginkan bisnis atau usahanya sukses. Tapi ingalah bahwa bisnis tidak pernah mudah untuk dijalani. Pasti ada saja halangan yang timbul, kesulitan, hambatan ataupun masalah yang mengganggu perkembangannya. Namun Anda jangan cepat patah semangat. Michael Hummer mencoba memberikan beberapa poin Cara Menjalankan Usaha atau Bisnis yang bisa mendorong perusahaan Anda menjadi sukses.

1. dia berkata bahwa buatlah perusahaan Anda supaya mudah untuk diajak berbisnis. Buatlah perusahaan Anda agar simple dan gampang diajak transaksi. Seperti halnya McDonald, orang hanya datang, ntri sebentar kemudian membayar dan selesai sudah transaksinya. Jangan membuat perusahaan Anda susah. Seperti halnya orang mencari Anda susah, menemukan harga produk Anda juga sama susahnya. Itu hanya akan membuat perusahaan Anda tidak pernah bisa berkembang.

2. tambahilah nilai-nilai pelanggan Anda. More added value to your customer. Kalau konsumen Anda hanya menginginkan barang, maka kirimkanlah barang itu dengan bungkus yang menarik. Kalau dia menginginkan tiket yang sederhana, maka kirimkan tiket itu dengan pelayanan yang menarik. Hal ini akan menambah nilai dari barang tersebut.

3. pelajari proses bisnis Anda. Karena Michael Hummer terkenal dengan reengineering, maka dia selalu bilang bagaimana menghadapi customer Anda. Mulai dari dia tahu dan ketemu dengan perusahaan Anda, hingga membayar semua barang yang telah ter-delivery. Maka kata proses menjadi kata kunci dan harus diperbaiki dengan sebaik-baiknya.

4. cobalah secara umum dapat merubah kreativitas menjadi rutinitas. Bagaimana kita bisa mengubah pekerjaan kita sehari-hari menjadi sebuah kreativitas? Ini adalah sesuatu hal yang sulit, tetapi di sinilah pentingnya inovasi dan kreativitas.

5. ukurlah kinerja Anda secara komprehensip. Apa saja bisa diukur dan tentukan tolok ukur yang tepat, karena kalau tidak ada tolak ukurnya kita tidak akan pernah tahu bahwa kita ini sudah bagus atau belum.

6. petiklah keuntungan dari ketidakpastian. Artinya, kita harus fleskibel, terutama di Indonesia, di mana ketidakpastian begitu besarnya. Banyaknya perubahan yang sangat penting terjadi di Indonesia. Karena perubahan itu, buatlah perusahaan kita sefleksibel mungkin.

7. fokuslah pada pelanggan akhir. Mungkin kita menjual handphone melalui sebuah importer, distributor, retailer baru ke customer. Maka yang perlu diperhatikan oleh kita adalah end customer.

8. hilangkanlah batasan-batasan dan bekerja samalah dengan siapa pun. Jangan pernah memikirkan bahwa Anda orang marketing, produksi atau yang lainnya. Karena semua itu tidak perlu. Kita harus berpikir bahwa semua dari perusahaan kita, semua orang, semua partnership kita dan dengan siapa pun kita satukan untuk memberikan produk yang terbaik kepada pelanggan.

9. cobalah memperkuat kompetensi kita, bekerjasama dengan perusahaan lain dan hanya memfokuskan diri kita pada kemampuan inti kita. Apa yang bisa kita lakukan yang terbaik, maka fokuskanlah di situ. Dengan begitu kita bisa berharap perusahaan kita bisa maju dengan lebih baik.

Semoga artikel Cara Menjalankan Usaha atau Bisnis diatas bermanfaat bagi Anda.

Selasa, 21 Agustus 2012

PELUANG USAHA MINUMAN JUS BUAH

Peluang usaha makanan dan minuman, setiap harinya semakin terbuka lebar. Berbagai menu makanan dan minuman, ditawarkan kepada para konsumen. Salah satu menu minuman yang saat ini banyak dijual dipasaran adalah minuman aneka jus. Minuman yang terbuat dari buah yang dihaluskan menggunakan juicer atau blender ini, sekarang banyak ditemui di pinggir jalan maupun di berbagai cafĂ© dan restoran.

Konsumen                              
Menu minuman ini sangat membumi, banyak orang menyukai menu ini. Dari mulai anak kecil, sampai orang tua menggemari minuman ini. Karena selain harganya terjangkau, menu ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Info bisnis
Bahan baku pembuatan produk ini adalah buah segar. Berbagai jenis buah bisa dijadikan jus, seperti buah jeruk, apel, alpukat, mangga, jambu, stroberi, melon, wortel, sirsak, tomat, kiwi, semangka, dll.
Untuk memulai bisnis minuman ini, sebaiknya cari lokasi yang cukup potensial. Misalnya saja di depan supermarket, di kantin sekolah, kantin kampus, kantin rumah sakit, bahkan di pinggir jalan yang ramai dilalui orang. Usaha ini tidak membutuhkan tempat yang luas, kira-kira 2×2 meter saja sudah sangat cukup.
Sedangkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha jus buah adalah gerobak atau etalase sederhana, blender atau juicer, termos es, gelas kaca, pisau, wadah air matang, wadah gula, kemasan gelas plastik,  sedotan, dan plastik.

Rata- rata harga jus buah yang beredar dipasaran, dipatok harga antara Rp 3.000,00 sampai Rp 5.000,00 per gelas. Ada juga menu jus buah yang terbuat dari campuran beberapa buah, tetapi biasanya dihargai lebih mahal. Berkisar antara Rp 5.000,00 hingga Rp 7.000,00.

Kelebihan bisnis
Minuman jus sudah sangat popular di kalangan masyarakat, jadi untuk memulai usaha ini tidak terlalu sulit untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Saat ini peminatnya juga sudah sangat banyak, sehingga peluang pasarnya juga semakin luas. Disamping itu untuk menjalankan usaha ini juga tidak dibutuhkan modal besar, karena peralatan yang dibutuhkan juga bisa menggunakan perlengkapan rumah tangga yang ada di rumah.

Kekurangan bisnis
Resiko yang ditanggung pengusaha jus buah tidak terlalu besar. Resiko yang sering muncul antara lain kualitas bahan baku yang cepat menurun. Oleh sebab itu, Anda harus pintar-pintar memperkirakan jumlah buah yang harus dibeli setiap harinya. Dan buah yang masih tersisa, sebaiknya disimpan di lemari es agar tetap segar. Resiko yang lainnya yaitu menurunnya penjualan saat musim hujan. Karena pada musim hujan, minat konsumen akan minuman dingin sedikit menurun.

Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran usaha ini dapat dilakukan dengan memasang spanduk atau banner yang bertuliskan nama usaha dan menu jus yang ditawarkan. di sekitar lokasi usaha. Selanjutnya Anda juga bisa membagikan brosur atau pamflet kepada masyarakat sekitar. Untuk menarik konsumen, Anda juga bisa mendisplay buah-buahan segar di gerobak Anda. Sehingga orang yang melewati lokasi usaha Anda, tertarik untuk mampir dan membeli aneka jus tersebut.

Kunci sukses
Kunci kesuksesan bisnis minuman jus buah bis diperoleh dengan menjaga kesegaran bahan baku yang Anda gunakan. Karena kualitas kesegaran buah juga akan mempengaruhi cita rasa jus yang Anda buat. Informasikan juga kepada konsumen mengenai manfaat mengkonsumsi jus buah bagi kesehatan tubuh. Sehingga minat konsumen semakin besar, dan tingkat penjualan Anda meningkat.
Selanjutnya untuk menjaga loyalitas konsumen, sebaiknya jaga cita rasa jus buah yang Anda produksi. Karena sebagian besar konsumen akan pindah ke penjual jus buah lainnya, jika mereka kecewa dengan rasa jus yang dibelinya.
Sangat menguntungkan bukan? Bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis, semoga peluang usaha minuman aneka jus dapat bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

Mau Dapat Uang dan Bisa Keliling Dunia? Cobalah Tiru Kebiasaan Baik Ini..!

Sebagai Prolog Akan saya ceritakan sebuah pengalaman dari seorang guru yang berhasil menularkan sebuah virus yang berhasil membuat dunianya menjadi lebih indah dan berwarna.

Dia adalah Bapak Ganjar Triadi Kusuma S.pd, beliau  adalah seorang lulusan mahasiswa FIPS-UNNES, yang mengajar disebuah sekolah negeri di kota Semarang. Sedari SMA beliau adalah seorang yang sangat suka dengan tulis menulis,berawal dari kesukaanya terhadap dunia tulis menulis inilah banyak perubahan besar yang terjadi dalam hidupnya. Ada sebuah keajaiban yang luar biasa menghantarkannya kepada sebuah loncatan hidup yang tak pernah sama sekali dia pikirkan sebelumnya.

Jangankan bisa ke Luar negeri, untuk memperoleh penghasilan lebih dari cukup adalah sudah merupakan kebahagiaan tersendiri. Yah..proses itu dimulai dari sebuah kata..”MENULIS”, prestasi terbesarnya adalah mampu menghantarkan anak didiknya beserta dirinya bisa mendapatkan perjalanan Jakarta-Sydney Australia PP,mendapatkan fasilitas lux, dan mendapatkan uang saku setara 10 juta, untuk berlibur selama seminggu di Australia. Dia telah menulis di 30 koran dan majalah di Indonesia. Dari hasil menulisnya ini berhasil memberikan sumbangan berupa materi dan non materi.

Untuk membiasakan suka menulis harus dimulai dari membiasakan semangat mengawali dan mengakhiri dalam menghasilkan sebuah produk tulisan, menegnai persoalan mutu, apakah hasil tulisan itu baik atau kurang baik,janganlah dijadikan persoalan utama karena seiring dengan seringnya latihan, perlahan namun pasti persoalan mutu tulisan akan membaik dengan sendirinya. Begitulah terangnya dalam sebuah sesi tulisannya.

Dia menceritakan kenapa budaya menulis kini menjadi sangat sulit untuk diterapkan pada anak didik? Lalu dia menceritakan sebuah budaya authority masa kini yang sudah sangat jarang sekali menulis ketika memasuki kelas.

“Jika seorang authority memasuki kelas, sejak awal hingga akhir pelajaran tidak mengucapkan sepatah katapun, hanya menulis dan menyampaikan pesan komunikasi pendidikan menggunakan media papan tulis, rasanya ada sesuatu yang janggal. Ada hal aneh dan tidak lazim.Namun sebaliknya, jika seorang authority sejak awal hingga akhir jam pelajaran hanya berbicara, berceramah, memberikan orasi di depan kelas, tanpa sedikitpun menulis di papan tulis, rasanya biasa-biasa saja. Hal itu banyak terjadi di depan kelas.”

Dari uraian di atas dia menggambarkan betapa budaya berbicara dan banyak omong lebih dekat dan lekat dengan siswa-siswi dalam proses pembelajaran. Sedangkan budaya menulis tingkatnya jauh berada dibawahnya. Hal itu terjadi sejak authority mengajar di bangku TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Mereka memberikan contoh pembelajaran yang akhirnya membudaya, lebih banyak berbicara dari pada menulis.Kebiasaan itu akhirnya menjadi sebuah budaya di wajah pendidikan kita. Orang lebih banyak berbicara, dari pada menulis. Efeknya orang tidak (terlalu suka) membaca. Apalagi bacaan yang agak berat seperti halnya bacaan buku berisi ilmu pengetahuan ataupun artikel tentang suatu permasalahan dalam kehidupan di masyarakat.Secara tidak sengaja para authority dan para dosen mengajarkan kepada siwa-siswi dan mahasiswanya untuk lebih banyak berbicara dari pada menulis. Maka dunia menulis – dalam pengertian menulis artikel atau tulisan mengandung muatan ilmiah, menjadi demikian jauh. Karena jauh, dianggap sesuatu yang asing, sulit, dan tidak disukai.Untuk mengembalikan sesuatu yang “jauh” tadi, maka harus dilakukan upaya pendekatan-pendekatan. Tidak perlu untuk saling menyalahkan, tidak perlu malu-malu mengakui kekurangan ini. Secara sistematis di semua lini dan jenjang pendidikan harus ditekankan tentang pentingnya siswa-siswi hingga mahasiswa-mahasiswi untuk suka dan terbiasa menulis. Jika sedang TK atau SD sudah terbiasa menulis sesuatu yang nyata di sekitarnya, maka jenjang berikutnya tinggal menyempurnakan.

Nggak Sukses-sukses..? Coba Resep ini dulu deh..!!

Tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-teman saya mahasiswa, atau yang sudah jadi sarjana, atau bagi anda yang belum juga menemukan kesuksesan dalam hidup. Tapi, bukan berarti saya juga sudah sukses, ini juga sedang dalam proses menuju ke arah sana.
KKN adalah salah satu cara yang batten tepat guna mendapatkan kesuksesan, dan bisa jadi akan membuat kesuksesan bisa datang lebih cepat menghampiri hidup kita.

K yang pertama adalah Kuliah, meski tidak jadi tolak ukur kesuksesan,tetap pendidikan adalah jalan pintas yang tercepat yang akan memberikan kesuksesan dalam hidup anda, meski ada yang nyeletuk  “tuh Andri Wongso ga lulus SD aja sukses“, ada lagi  “itu Pak Bob Sadino hanya lulus SD saja bisa kaya raya“ . Untuk itu cobalah ukur diri kita, nasib manusia tentu akan beraneka ragam. Sama-sama sekolahnya, sama-sama belajarnya, giliran keluar dari sekolah ada yg jadi kuli, tapi ada juga yang jadi pengusaha, ada yang jadi karyawan, tapi tak jarang ada yang jadi pengusaha. Sama-sama tidak sekolah, teman anda ada yang jadi Bos, tapi anda tetap saja jadi kuli. Lalu akankah kita akan tetap mengatakan bahwa pendidikan tinggi itu tidak penting..?, jawabannya adalah sesuai dengan kemauan anda sendiri.

Niat kuliah juga harus yang bener, jangan sampai kuliah hanya di jadikan alasan untuk menutupi rasa malu, karena teman-teman banyak yang kuliah. Niat kuliah jangan karena hanya ingin saja, jika ditanya kenapa kuliah, cuma pengen ngerasain gimana rasanya kuliah, sudah dipastikan jika dia lulus maka akan jadi sarjana mandul additional malu-maluin. Ada juga niat kuliah biar dikata anak intelek, pemikir sejati, dan segala pujian manusia lainnya.

Niat Kuliah yang benar akan memberikan energi positif yang akan membentuk kesuksesan untuk diri anda. Saya bisa pastikan kenapa banyak sarjana di negeri ini, yang nganggur dan malu-maluin keluarga, yang pada akhirnya memberikan beban kepada Negara Indonesia yang katanya punya lulusan perguruan tinggi yang jutaan jumlahnya, tapi korupsinya jadi urutan tertinggi didunia, bisa jadi karena niat kuliah yang salah, jika niatnya saja salah, maka caranya akan juga salah, agar cepat lulus dipakailah sejuta cara, sogok sana-sogok sini, yang penting bisa lulus cepat dan dapat nilai cumlaude, meski isi kepalanya kosong melompong, jika ditanya dapat apa dari kuliah selama 4 tahun? di jawab sekenanya dapat selembar ijazah.

Lalu apa bedanya kuliah dengan selembar ijazah? kenapa tidak sekalian saja kita beli selembar ijazah itu. Kontan sesuai dengan jumlah uang yang kita keluarkan selama 4 tahun. Selembar ijazah bisa didapatkan dalam hitungan hari saja.

Senin, 20 Agustus 2012

TIPS MEMBUKA USAHA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG

galon Tips Bisnis Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

TIPS MEMBUKA USAHA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG:
1. Pelajari Market dan Lokasi anda
Dimanapun kota anda, cek pasar air minum galon di kota anda, apakah masyarakat sudah mulai mengkonsumsi air dalam galon ? atau masih terbiasa dengan merebus air ? Jadi semakin di daerah anda yang buka depot air minum, tandanya semakin banyak orang yang menkonsumsi air dalam galon. Tidak perlu takut buka depot di tempat yang sudah banyak depot air minum dibuka.. Justru lebih takut bila tidak ada orang yang buka depot di daerah anda.
2. Pelajari Kompetitor yang ada
Lakukan survey ada berapa depot di kota anda, harga, omset per hari, kualitas (UV / RO), armada sales, armada pengiriman, bonus, promosi, dan tanyakan masyarakat kenapa pilih yang ini atau yang itu.. semakin lengkap data anda, akan memudahkan anda untuk menyusun strategy pemasaran dan penjualan.

3. Pelajari Cara Pemasaran dan Penjualan
Seperti yang saya katakan sebelumnya, pelajari pemasaran dan penjualan yang ada di kota anda. Dan amati depot depot yang ramai dikunjungi orang dan amati mengapa bisa ramai, mengapa bisa digemari masyarakat.
4. Siapkan Strategy
Anda perlu berpikir keras dan putar otak untuk yang satu ini. Anda tidak bisa mengandalkan REJEKI maupun HOKI saja dalam membuka depot air minum, spt anda menunggu orang datang untuk membeli air dari anda? Kita tau kan bahwa kita tidak pernah tahu kapan datang nya REJEKI ? Maka dari itulah, kita kerjakan dengan strategy yang benar, dan efektif., agar anda dapat memperoleh omset yang baik dan modal pun cepet kembali.

5. Siapkan Waktu anda untuk FOKUS
Anda bukan hanya membeli depot dan biarkan tumbuh begitu saja, tanaman pun harus anda sirami dan rawat agar bisa bertumbuh dengan baik.. Jadi siapkan waktu anda minimal 6 bulan untuk FOKUS dalam menangani DEPot anda. KAlau anda tidak ada waktu, anda bisa merekrut orang untuk melakukannya. Apabila tidak, saya sarankan anda tidak membuka depot deh..
6. Yakinkan diri bahwa anda bisa berhasil
Apabila anda masih ragu, jangan sekali sekali melangkah.. karena dijamin pasti gagal ! Orang yang yakin aja belum tentu berhasil, karena buka depot air minum tidak semudah buka warung bakso maupun counter hp.
7. Pelajari Kelebihan Anda dan Depot anda
Apa kelebihan depot anda ? apakah kelebihan anda dalam mengelola depot agar dapat menjaring pelanggan dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang singkat ? Apabila depot anda tidak beda dengan depot yang ada, maka.. bagaimana anda bisa merebut pasar yang sudah ada dan sudah lebih senior dari anda ?
8. Pilih produk yang berkualitas
Jualan air minum adalah bukan hanya 1 th maupun 2 th, melainkan selamanya.. spt kita jualan beras dll. Apalagi air adalah kebutuhan hidup nomor 2 setelah udara !
Pastikan produk anda adalah ber KUALITAS. Ingat ini : MONEY NEVER LIES ! duit ga bisa bohong.Tetapi kadang ada juga supplier yang cukup ‘pandai’ menjual barang murah, dengan harga yang lebih tinggi dari barang yang berkualitas.. he..he..he..

9. Amati kualitas dan harga nya
Silahkan cek harga dan kualitas, bilamana perlu mintalah breakdown harga masing masing spesifikasi yang diberikan, bahkan merk maupun negara asal barang itu dibuat.
Jarang supplier yang mau memberikan harga satu per satu spesifikasi barang yang tercantum di spesifikasinya
10. Pelanggan adalah RAJA
Jangan pernah mendebat pelanggan. Berdebat adalah merugikan anda sendiri. Perlakukan Pelanggan seperti RAJA. Layani sepenuh hati, berikan yang terbaik, berikan lebih daripada yang diharapkan… niscaya akan baik untuk anda walau di kemudian hari dampaknya
11. Lakukan pencarian pelanggan setiap waktu
Jangan terlena dengan apa yang anda dapatkan sekarang.. INGAT : HIDUP TIDAK PASTI, maka kita cari yang pasti pasti saja , so… carilah pelanggan lebih banyak lagi setiap waktu
12. Lakukan catatan, admin dengan rutin, teliti dan tepat
Catatan ini sangat lah penting dan sangat membantu kita utnuk melihat statistikm dan bahan untuk membuat stragtegy di kemudian hari..
13. Lakukan inovasi dalam promosi, perbanyak alat promosi
Kita sendiri mudah bosan.. apalagi pelanggan kita ? buatlah inovasi setiap waktu untuk merangsang dan menyegarkan angka penjualan anda.. Percayalah..
14. Jagalah kualitas setiap waktu
TERLENA ! itulah kata yg paling tepat bagi anda yang telah mempunyai omset yg banyak.. yang anda kira : GINI AJA LAKU ?? haha.. silahkan saja anda berbuat demikian..
JAGALAH KUALITAS setiap waktu.. pastikan KUALITAS adalah makin hari makin baik !
15. ORA ET LABORA
Yang paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis, bukan hanya sekedar berusaha tetapi hal terpenting tetap mengandalkan Tuhan, dengan membawa usaha kita selalu dalam DOA, agar DIBERKATI !!!!

TIPS MENAIKKAN JUMLAH PENJUALAN USAHA DEPT AIR MINUM ISI ULANG
1. Tentukan tujuan dan cita cita
I
ni saya tempatkan di urutan pertama, karena sangat penting ! Ibarat sebuah kendaraan, ini adalah mesin penggerak.
Berapa target penjualan
Air Minum, Air Minum Isi, Air Minum Isi Ulang, Isi Ulang Air Minum atau Air Reverse Osmosis yang ingin anda tetapkan ? 100, 200, 300, 1000 galon/ hari ?
Dan untuk tujuan apa anda menginginkan itu ?
Anda harus menemukan jawaban di atas. Sebab kalau tidak, jika anda menemui “tantangan” di tengah jalan anda akan mudah putus asa.
2. Layanan Pesan Antar
Orang sibuk, tidak mempunyai kendaraan,kos kosan dan ibu rumah tangga adalah sasaran dari layanan pesan antar Air Minum, Air Minum Isi, Air Minum Isi Ulang, Isi Ulang Air Minum atau Air Reverse Osmosis Gunakan sepeda,sepeda motor atau mobil untuk menjalankan ini.Cantumkan pada kendaraan nomor telepon yang mudah dihubungi. Jika anda tidak ingin kehilangan pelanggan, jangan sering terlambat mengantar pesanan.
3. Aktif Berpromosi
Selebaran, stiker, spanduk & kartu nama adalah sebagian kecil dari media promosi. Kalau punya dana lebih anda bisa berpromosi lewat radio dan surat kabar lokal ttg Depot Air Minum Isi Ulang yang ada dirikan.
( Satu hal yang harus diingat disini bahwa seringkali “reaksi” dari iklan tsb tidak seketika,melainkan perlu waktu 1 s/d 3 bulan ,jadi bersabarlah…)

4. Meminjamkan Galon Kepada Pelanggan
Cara ini merupakan jurus ampuh sekaligus pedang bermata dua !. Jangan lakukan cara ini jika pembukuan pada Depot Air Minum Isi Ulang anda belum tertib dan teliti. Galon hilang dan tidak tahu rimbanya adalah masalah yang sering dialami. Stok awal 100 galon yang kembali 10 galon ; nangis.

5. Jaga hubungan baik sesama pemilik Depo dan Jangan bersikap Eksklusif.

Jangan mengira usaha anda(usaha Depot Air Minum Isi, Depot Isi Ulang Air Minum) akan maju dengan menjaga jarak dengan pesaing anda. Justru tingkatkan hubungan baik dan keakraban dengan Depot Air Minum Isi, Depot Isi Ulang Air Minum yang lainnya. Anda akan tenang dalam berbisnis dan akan membuka wawasan berfikir.

Peluang Usaha Air Isi Ulang

Peluang Usaha Air Isi Ulang

Setiap orang pasti membutuhkan air minum setiap harinya.Tanpa air minum manusia tidak dapat mempertahankan hidupnya.Dengan demikian,usaha ini berptensi untuk anda kembangkan terutama di daerah perkotaan yang padat penduduk.Sebagian masyarakat lebih memilih membeli air isi ulang daripada memasaknya sendiri.Hal ini disebabkan air isi ulang lebih praktis dan tidak terlalu mahal.Apalgi kalau mereka yang tinggal indekost pasti memilih air minum isi ulang daripada memasaknya.

Sejak air isi ulang menjamur,banyak prang memanfaatkannya sebagai ladang bisnis,tidak menutup kemungkinan dilakukan ibu-ibu.anda tinggal mencari karyawan untuk membantu dalam menjalankan usaha ini.Adapun persiapan yang harus dilakukan apabila anda ingin melakukan usaha air isi ulang ini yaitu :
  1. Menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti galon,distributor sumber air minum isi ulang pegunungan dan motor untuk kelancaran antar jemput air isi ulang.
  2. Melakukan survei untuk mencari tempat strategis.
  3. Menyiapkan sarana promosi sederhana.
  4. Mengetahui seluk-beluk daerah sekitar konsumen.
Dalam hal pelaksanaan berikut langkah-langkahnya :
  1. Menghubungi dan berlangganan dengan distribusi perusahaan air minum isi ulang.
  2. Tepat waktu dalam mengantarkan pesanan air.
Promosi dan pemasaran yang dapat dilakukan :
  1. Membuat dan menyebar leflet/pamflet yang menarik dan informatif.
  2. Memberikan layanan antar jemput.
Hambatan atau tantangan yang sering dijumpai :
  1. Persaingan usaha air isi ulang ini semakin menjamur dan tidak menutp kemungkinan di daerah sekitar usaha anda.
  2. Pelayanan yang kurang memuaskan akan membuat pelanggan mundur.

Contoh Perhitungan Usaha

A.Modal awal
1. Peralatan
- Mesin air Isi Ulang Rp.  5.000.000,00
- Renovasi tempat Rp.  1.000.000,00
- Galon kosong 20 @ Rp. 25.000,00Rp.     500.000,00
- Sepeda motor Rp.  5.000.000,00
- Meja + Kursi kasirRp.     300.000,00
    Jumlah Rp.11.180.000,00

Peralatan tersebut mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1000,- . bila memenggunakan metode penyusutan dengan garis lurus.Biaya Penyusutan = (Rp.11.800.000,00 - Rp.1.000,00) : 4 = Rp.2.949.750,00 per tahun atau sama dengan Rp. 245.812,00 per bulan.

2. Perlengkapan
- Papan nama  Rp.     100.000,00
- Tutup galon dan tisu Rp.     250.000,00
   Jumlah Rp.     350.000,00


B. Perhitungan laba/rugi per bulan 
1. Pendapatan (Rp. 3500,00 x 35 galon x 30Hari) Rp.  3.675.000,00

 2.Biaya-biaya
- Listrik Rp.     200.000,00
- Air isi ulang 4Truk x Rp 350.000,00 Rp.  1.400.000,00
- Gaji Karyawan Rp.     500.000,00
- Biaya perlengkapan Rp.     350.000,00
- Biaya Penyusutan peralatan Rp.     245.812,00
- Lain-lain Rp.     100.000,00
  Jumlah Biaya Rp.  2.795.812,00

3.Laba/Rugi Bersih = pendapatan - biaya
   = Rp 3.675.000,00 - Rp. 2795.812,00 =  Rp. 879.188,00

Catatan : Perhitungan diatas adalah contoh perhitungan saja. Silahkan  disesuaikan dengan kondisi dan lokasi dimana tempat usaha anda berada.

Peluang Usaha Jus Buah

Ketika udara sedang panas dan anda kehausan minuman apa yang anda bayangkan bisa anda minum? Jus buah menjadi salah satu minuman favorit saat anda sedang kehausan bukan? Banyak orang yang sangat menyukai jus buah sehingga banyak orang yang memanfaatkan peluang usaha yang satu ini dengan cara membuka bisnis usaha jus buah. Seperti juga pekerjaan lainnya, pekerjaan menjadi seorang wirausaha dapat juga dilakukan oleh para wanita. Banyak wanita yang bekerja menjadi seorang worausaha dan tebukti mereka memiliki kemampuan untuk melakukan hal itu. Kini banyak wanita yang menekuni dunia wirausaha karena mereka yakin dan percaya mereka mampu melakukan pekerjaan sebagai wirausaha yang sukses. 

Selain banyak manfaat yang didapatkan, para wanita ini juga ingin mengefektifkan waktu mereka dengan menjalankan usaha sendiri.
Salah satu jenis usaha yang mereka pilih adalah dengan menjajakan jus buah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jus buah memiliki penggemarnya sendiri dan minuman yang satu ini bisa diminum dalam berbagai cuaca, bukan hanya dalam cuaca panas dan terik tapi juga dalam cuaca yang dingin, minuman ini tetap bisa diminum. 

Selain itu jus buah juga emiliki banyak manfaat yang tidak dimiliki oleh minuman lain. Jus buah juga memiliki banyak vitamin yang berguna untuk tubuh karena terbuat dari bahan alami yaitu buah-buahan. Buah-buahan juga mudah didapat dan diolah, harganya juga cukup terjangkau tergantug dari buah apa yang anda pilih untuk menjadi bahan dasar pembuatan jus buah. Anda yang serius ingin menekuni usaha jus buah dapat dengan mulai memperhatikan beberapa hal berikut ini. Anda harus memiliki modal untuk menjalankan usaha jus buah ini. Setelah itu anda harus menyediakan peralatan yang diperlukan seperti blender, gelas, plastik pembungkus, sedotan, wadah es batu, gelas plastik dan lain sebagainya. Setelah itu cobalah untuk mencari toko buah yang menjual buah-buahan dengan harga yang relatif lebih murah. Apabila anda telah menyiapkan hal tersebut maka anda harus memperhatikan langkah-langkah seperti berikut ini. 

Anda harus menyiapkan buah-buahan, bahan pendukungnya dan alat-alatnya. Setelah itu anda harus siap untuk selalu menunggui tempat anda berjualan. Lalu janganlah lupa untuk membersihkan tempat anda berjualan secara rutin. Berikut ini adalah contoh perhitungan dari berjualan jus buah.
Modal awal
Peralatan
Blender 4 buah Rp. 1.000.000,00
Gelas Rp. 100.000,00
Papan nama Rp. 100.000,00
Kabel rol Rp. 50.000,00

Jumlah Rp. 1.250.000,00
Peralatan mengalami penyusutan selama dua tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp. 1.000.000,00 – Rp. 1.000,00) / 2 = Rp. 450.000,00 per tahun atau sama dengan Rp. 37.500,00 per bulan.
Perlengkapan
Gelas plastik Rp. 50.000,00
Sedotan Rp. 25.000,00
Kantong plastik Rp. 25.000,00
Plastik es Rp. 50.000,00

Jumlah Rp. 150.000,00
Perhitungan Laba/Rugi per bulan
Pendapatan
20 gelas/hari x Rp. 5.000,00 x 30 hari Rp. 3.000.000,00
Biaya-biaya
Buah-buahan Rp. 1.000.000,00
Gula pasir 1kg/hari Rp. 8.000,00 x 30 Rp 240.000,00
Biaya penyusutan peralatan Rp. 37.500,00
Biaya perlengkapan Rp. 150.000,00
Listrik Rp. 100.000,00
Transportasi Rp. 100.000,00
Biaya lain-lain Rp. 50.000,00

Jumlah biaya Rp. 1.677.500,00
Laba/Rugi bersih = pendapatan – biaya-biaya
Rp. 3.000.000,00 − Rp. 1.677.500,00 = Rp. 1.322.500,00

MELIRIK PELUANG USAHA JUS BUAH

Kalau anda mau cermati dengan seksama, banyak macam usaha yang bisa anda ambil sebagai peluang usaha sampingan. Saya mungkin tidak bisa memberikan saran jenis usaha sampingan yang pas untuk anda.
Tapi saya punya satu contoh bisnis usaha sampingan yang bisa anda jadikan sebuah wacana, yaitu usaha juice buah. Akhir-akhir ini anda mungkin sering melihat outlet-outlet usaha juice buah bermunculan.
Saya tidak tahu kapan persisnya tren peluang usaha sampingan juice buah ini mulai. Kebetulan saya bertetangga dengan mbak Ponisi, ibu rumah tangga yang mulai serius untuk menekuni usaha juice buah.
Sebenarnya mbak Ponisi ini “nggak sengaja” merintis usaha juice buah tersebut. Ide peluang usaha sampingan juice buah tersebut muncul ketika usaha es batunya gagal total. Karena terlanjur beli lemari es untuk bikin es batu, akhirnya ia pakai buat usaha juice buah. Ia benar-benar menyiapkan usahanya dengan matang dan tidak menunggu usahanya berjalan sempurna.
Sekilas kalau anda lihat, mbak Ponisi ini tidak terlihat seperti seorang pengusaha. Dia lebih terlihat seperti ibu ibu rumah tangga pada umumnya. Tapi karena kegigihannya, usaha juice buahnya berkembang pesat. Bahkan jauh diatas harapannya, mengingat awalnya ia hanya mencari peluang usaha sampingan.
Outlet usaha juice buahnya memang terlihat berbeda dengan oulet-outlet usaha juice buah yang lainnya. Kalau yang lain menggunakan gerobak yang dihiasi “warna-warni” yang indah, outlet milik mbak Ponisi ini terlihat lebih kalem. Tapi kebersihannya sangat kentara. Mulai dari wadah pencuci buah, serbet, pisau hingga blendernya sangat dijaga kebersihannya.
Tidak hanya itu, cara membuat juice-nyapun bersih dan higienis. Mulai dari celemek buat pegawainya hingga kebiasaan selalu mencuci tangan setelah buahnya selesai diblender. Menunya hampir sama dengan usaha juice buah lainnya. Tapi ia membuat dua sampai tiga menu yang berbeda. Salah satunya adalah juice tape ketan.
Tapi nilai lebih yang paling utama dari usaha juice buahnya adalah rasa juice-nya yang lebih manis, lebih kental dan lebih banyak porsinya. Saya pernah membeli juice mangga buatannya. Anda tahu, 1 buah mangga besar dimasukkan semuanya ke dalam mesin blender. Buah yang lain juga begitu, nggak tanggung-tanggung jumlahnya.
Dan lagi, harga yang dikenakan untuk pelanggan usaha juice buahnya juga pas. Empat ribu untuk juice original dan 5 ribu untuk juice campuran. Cocok buat mahasiswa. Saya tidak tahu apakah ia paham segmentasi pasar atau tidak, tapi yang jelas ia melakukan semuanya dengan sangat pas. Mungkin insting bisnisnya yang berjalan saat ia mulai melihat peluang usaha sampingannya tersebut berjalan.
Untuk lokasi, ia tidak memilih di pinggir jalan utama. Ia justru memilih lokasi yang masuk ke kampung yang banyak terdapat kos-kosan. Target yang ia bidik bukan orang yang lalu lalang di jalan, tapi mahasiswa dan orang yang ada di sekitarnya.
Sepertinya ia paham bahwa kebiasaan mahasiswa kalau pulang ke kos adalah cari minuman segar buat dibawa pulang ke kamarnya. Jadi ia tidak hanya pintar melihat peluang usaha sampingan, tapi juga bisa membaca situasi.
Wadah juice yang ia gunakan juga berbeda dari yang lainnya. Kalau yang lainnya menggunakan gelas plastik, mbak Ponisi lebih menggunakan plastik putih biasa dengan ketebalan yang cukup. Waktu ditanya kenapa ia menggunakan plastik, ternyata ia mendengarkan keluhan konsumennya.
Banyak pelanggannya yang tidak mau menggunakan gelas plastik karena juicenya mudah tumpah di jalan. Selain itu, juice yang ditempatkan di gelas plastik lebih sedikit dibandingkan dengan yang dibungkus plastik. Wah, ini calon pengusaha sukses pikir saya. Dia tahu bahwa yang terpenting adalah apa kata konsumen, bukan apa kata si pengusaha.
Satu lagi, ia menyajikan juicenya dengan waktu yang cukup cepat. Komplit sudah, harga yang pas, penyajiannya yang cepat, lokasi yang tepat, target pasar yang sesuai, kemasan yang disukai konsumen dan diferensiasi usaha yang kuat : bersih, segar, kental, porsi lebih banyak.
Dengan strategi seperti ini, ia mampu menjual juice hingga 200 buah perhari. “Not bad” buat seorang ibu rumah tangga yang hanya menjalankan sebuah peluang usaha sampingan kan?
Dan yang lebih bikin saya dan teman-teman saya “meringis” adalah, beberapa bulan setelah ia membuka peluang usaha sampingan tersebut, satu motor matic sudah ia beli buat transportasi beli buah di pasar, ha..ha..ha..
Ok, saya bagikan simulasi peluang usaha sampingan juice buah yang saya dapat dari mbak Ponisi supaya anda bisa mengira-ira berapa modal yang dibutuhkan dan berapa asumsi pemasukannya.
Simulasi Keuntungan 1 Bulan
Pemasukan
Omset : 100 jus x Rp 4.500,00 x 30 = Rp 13.500.000,00
Pengeluaran
Buah-buahan, gula, plastik : Rp 7.500.000,00
Sewa tempat, listrik dan air : Rp 500.000,00
Gaji karyawan 2 orang x Rp 500.000,00 : Rp 1.000.000,00
Transportasi : Rp 300.000,00
Total pengeluaran = Rp 9.300.000,00
Keuntungan bersih
Rp 13.500.000,00 – Rp 9.300.000,00 = Rp 4.200.000,00

SUKSES WiraUsaha Jus Buah

WiraUsaha Jus Buah pun, bisa dapat banyak Untung


Menjalankan usaha minuman dari buah atau jus jadi bisnis biasa. Namun jika dijalankan dengan sungguh-sungguh dengan kualitas yang terjaga, maka bisa digemari banyak orang. Cara inilah yang dijalankan Diana Farida lewat 'Orie Juice'.

Diana memulai usaha jus buah yang diberi nama 'Orie Juice' di 2002. Ide ini berawal ketika ia ingin menyajikan jus seenak yang dibuat oleh mama atau ibu di rumah. Oleh sebab itulah ia memilih usaha ini.
Modal awal yang dikeluarkan Farida bisa dibilang cukup murah, yaitu Rp 1.500.000. Modal itu ia gunakan untuk membeli etalase, blender, dan perangkat lainnya seperti buah, gelas, dan sedotan. 
Jus buah yang ditawarkan oleh Diana ada 3 macam, yaitu jus 1 rasa buah, 2 rasa buah (jus poligami), dan 3 rasa buah (jus pelangi). Harga yang ditawarkan-pun cukup ringan di kantong. 
Untuk jus 1 rasa, harganya dibanderol Rp 5.000, misalnya jambu, tomat, dan apel. Untuk jus 2 dan 3 rasa, pelanggan boleh memilihnya sendiri. Harga yang ditawarkan juga tak kalah ringan. Untuk jus poligami, harganya adalah Rp 8.000 sedangkan jus pelangi harga yang ditawarkan adalah Rp 10.000.
"Selama saya berjualan, prospek usaha ini sangat bagus karena banyak peminatnya. Apalagi jus buah kan sehat jadi banyak yang akhirnya berlangganan pada saya, misalnya pegawai di Nurul Fikri yang setiap hari memesan," ungkap wanita berusia 43 tahun ini ketika ditemui di tempatnya berjualan di kawasan Margonda, Depok
Disinggung mengenai usahanya yang kian laris tersebut, Diana mengatakan kunci suksesnya terletak pada rasa dan keramahan yang selalu ia berikan kepada pelanggan. 
Diana menjamin jus yang ia jual komposisinya lebih banyak buah daripada airnya. Ia juga tidak menggunakan pemanis buatan serta menggunakan air galon Aqua asli, jadi rasanya benar-benar terjamin. Selain itu, buah yang dipakai juga bukan buah yang matang. Ia selalu memilih buah yang setengah matang karena rasanya lebih terjaga.
"Jangan menggunakan buah yang matang, rasanya pasti beda. Saya selalu menggunakan buah segar dan komposisi buahnya lebih banyak dibanding airnya. Takaran airnya hanya 1 cm untuk buah yang mengandung banyak air. Selain itu, cup-nya juga besar yang berukuran 16 cm. Jadi pelanggan puas minum jusnya," imbuhnya.
Selain karena komposisi buahnya lebih banyak, keunggulan lain yang ditawarkan oleh Orie Jus bila dibandingkan usaha sejenis di sekitarnya adalah jam buka Orie Juice hingga pukul 23.00 WIB. Jadi, bagi pelanggan yang pulang malam-pun bisa mampir untuk membeli jus. 
"Biasanya kalau yang lain kan tutupnya jam 20.00 atau 21.00, saya tutupnya jam 23.00. Sampai jam 23.00 juga masih ada yang beli,” tambah Diana. 
Lokasi usaha yang dipilih Diana berada di sekitar kampus UI Depok. 
Ketika disinggung mengenai kendala usaha, apalagi jika lokasi usaha dekat dengan kampus yang sebagian besar pelanggannya adalah mahasiswa, Diana mengatakan ia tidak kuatir walaupun kampus sedang libur. Hal ini dikarenakan lokasi usaha yang dipilih Diana juga berada di pinggir jalan.
"Saya nggak kuatir kampus libur atau tidak karena pelanggan saya bukan hanya mahasiswa. Lokasi usaha saya kan di pinggir jalan, jadi siapapun bisa membeli," terang Diana.
Yang menjadi kendala utama Diana akhir-akhir ini adalah adanya iklim yang tidak menentu, yang lebih didominasi oleh hujan. 
"Kalau musim hujan pembeli sepi. Karena musim hujan udaranya kan dingin, jadi pelanggan agak malas membeli minuman yang dingin," imbuhnya. 
Kini, usaha jus buah yang didirikan Diana sejak 2002 berbuah manis. Puluhan pelanggan siap mengantre untuk dapat meneguk segarnya Orie Juice. Dalam satu hari, ketika sedang sepi saja Diana masih bisa memperoleh omzet sekitar Rp 200.000, sedangkan saat ramai, Rp 350.000 bisa ia kantongi setiap harinya.

Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang

Air merupakan kebutuhan dasar hidup manusia. Di manapun manusia berada pasti membutuhkan air, jika tak ada air maka manusia akan mati. Air minum mejadi konsumsi wajib setiap manusia sebab sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Oleh sebab itu peluang usaha air minum isi ulang masih sangat terbuka bagi siapa saja yang mau.
Prospek bisnis air minum isi ulang mempunyai masa dean yang cerah. Lambat laun orang mau simple dan tak mau susah2 cari air bersih, maka air minum isi ulang menjadi pilihan alternatif mereka.
Usaha air minum isi ulang sangat bagus jika di jalankan di area perindustrian, sebab sretiap pekerja di setiap perusahaan pasti membutuhkan air minum. Berikut adalah Analisa peluang usaha air minum isi ulang :
Modal awal :
 Peralatan :
 - Alat penyulingan air
Rp.10.000.000,00
- Meja dan kursi plastik
Rp.     300.000,00
Jumlah
Rp.10.300.000,00
Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar  Rp.1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan  pertahun = (Rp 10.300.000,00 – Rp 1.000,00) / 4 = Rp 2.574.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 214.562,00 per bulan .
Perhitungan laba/(Rugi) per bulan
 Pendapatan :
 - Penjualan per galonRp 3.500,00 X 25 galon/hari X 30 hari
Rp. 2.625.000,00
Biaya-biaya :
- Air bersih
Rp.    500.000,00
- Listrik
Rp.    150.000,00
- Stok penutup galon
Rp.    150.000,00
- Gaji karyawan
Rp.    500.000,00
- Biaya penyusutan peralatan
Rp.    214.562,00
- Maintenance
Rp.    200.000,00
- Lain-lain
Rp.    100.000,00
- Jumlah biaya
Rp. 1.814.562,00
Laba bersih                                     
Rp.    810.438,00
Nah bagimana, anda tertarik dengan peluang usaha air minum isi ulang ini ?

Peluang usaha dan sukses bisnis air minum isi ulang galon

Minum merupakan kebutuhan primer setiap manusia, kekurangan minum bisa menjadikan tubuh kekurangan cairan dan dehidrasi. Untuk memenuhi konsumsi air minum secara praktis saat ini banyak dijual minuman air mineral botol dalam berbagai kemasan, namun dalam kondisi prekonomian di tanah air yang masih banyak masyarakat dengan taraf hidup menengah kebawah, maka untuk air minum mineral kemasan botol masih dirasakan berharga cukup mahal.

Sumber air minum yang material mentahnya sering kali kurang meyakinkan dan memenuhi syarat kesehatan untuk dikonsumsi, membuat para usahawan dan ahli berinovasi menciptakan mesin pengolah air minum yang cukup berkualitas, serta dipasarkan secara umum sebagai investasi awal bagi mereka yang ingin memiliki bisnis air isi ulang galonan.

bisnis air minum isi ulang
Pada dasarnya usaha ini termasuk dalam jenis usaha yang mudah untuk dikelola dan dijalankan, namun investasi awal untuk membeli mesin produksi air minum masih dirasakan berharga cukup mahal dan walaupun sebagian usahawan mengatakan berharga cukup terjangkau. Selain pengadaan mesin produksi ada beberapa faktor yang menentukan untuk dapat sukses dan bertahan lama dalam menjalankan bisnis air minum isi ulang, diantaranya sebagai berikut :
  • Lokasi yang strategis dan konter yang bersih, usaha ini termasuk jenis yang melayani kebutuhan orang banyak, selain kualitas tentu saja sukses ditentukan oleh kuantitas produksi dan unit yang dijual pada setiap harinya. Lokasi yang strategis bertujuan agar memudahkan konsumen menemukan bisnis anda, dan konter yang bersih bertujuan agar konsumen memiliki keyakinan atas hasil produksi yang berkualitas dan memungkinkan untuk memutuskan berlangganan kepada anda.
  • Sumber material yang terpercaya, dalam bisnis air minum sudah pasti bertalian langsung dengan kesehatan konsumen. Jangan sembarangan dalam pengadaan material air bersih untuk produksi, cari supplier air bersih sebagai material yang terpercaya di daerah anda dan sampaikan kepada konsumen darimana material didatangkan.
  • Sistem produksi dan pengemasan, keyakinan konsumen sangat penting dalam kelangsungan bisnis ini, jangan biarkan isu kompetitor bergulir begitu mudah kepada para konsumen, buat banner sistem produksi dan cara pengemasan yang baik dan benar, serta tempatkan banner didalam konter agar diketahui secara umum bahwa produksi dari bisnis anda sudah benar dan memenuhi standar kualitas.
  • Metode pemasaran, awali metode pemasaran bisnis dengan flyer atau brosur yang disebar dan dibagikan kerumah-rumah di sekitar konter. Media promosi wajib memuat alamat lengkap dan nomer telepon pelayanan agar konsumen mudah untuk melakukan pemesanan ataupun pembelian. Pasang papan nama dan spanduk pada bagian depan konter untuk memudahkan konter ditemukan oleh masyarakat umum.
  • Kembangkan pemasaran lanjutan, konsumen yang loyal merupakan aset utama dalam bisnis ini, jadi kembangkan sistem pemasaran lanjutan untuk membangun loyalitas. Baik sistem pelayanan antar dan jemput, reward point pembelian yang dapat ditukarkan dengan produk, atau metode pemasaran inovasi lainnya yang berguna untuk membangun loyalitas konsumen.
  • Menetapkan merek dan logo, bisnis yang memasyarakat umumnya akan menimbulkan rasa fanatisme terhadap satu merek utama. Perkuat dengan label dan logo bisnis anda pada tiap galon kemasan produk sebagai attribut yang membedakan bisnis anda dengan kompetitor lainnya.
  • Pelayanan cepat itu harus, dalam bisnis seperti ini jangan biarkan konsumen menunggu terlalu lama untuk mendapatkan layanan, maka modal inventaris sangat dibutuhkan untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan. Utamanya stok galon yang cukup agar tidak menimbulkan antrian.
  • Keterbukaan untuk kualitas, Pastikan konsumen mengetahui bahwa produk bisnis anda memiliki standar kualitas. Mesin produksi wajib mendapatkan maintenance pada periode tertentunya. Untuk itu umumkan rencana maintenance selanjutnya dalam satu kertas pengumuman yang diletakan di konter. Hal ini semakin meningkatkan keyakinan kualitas terhadap bisnis dan menambah loyaltas hingga fanatisme kepada konsumen.
  • Pengelolaan sistem keuangan, bisnis dengan pengelolaan keuangan yang baik sudah pasti lebih maju dan mampu bersaing dari pada tanpa pengelolaan. Buat pembukuan yang benar, kelola permodalan dengan baik, dan bijaksana dalam memperlakukan keuntungan. Hal ini memungkinkan bisnis dapat berkembang bukan hanya untuk sebuah konter saja, usahawan akan jauh terasa lebih sukses dengan memiliki beberapa konter yang sudah tentu jangkauan pelayanannya lebih luas.
  • Referensi dan jaminan, selain keterbukaan keyakinan konsumen bisa dibangun melalui referensi dan jaminan. Jika sudah memungkinkan daftarkan bisnis anda untuk mendapatkan pengakuan dari instansi pemerintahan yang terkait dengan bisnis anda ini, hal ini tentu menjadi pegangan dan referensi kuat bagi masyarakat umum dalam menggunakan produk air minum isi ulang dari bisnis anda.
Ingat, bisnis ini termasuk dalam kategori yang mudah untuk dijalankan dan dikelola. Namun untuk kesuksesan sebagai usahawan sudah pasti kontrol terhadap operasional bisnis erupakan kewajiban nyata yang harus terus dilakukan secara konsisten. Tidak ada kemampuan yang dapat mengontrol sebuah bisnis dengan sangat baik selain apa yang dilakukan oleh usawahan sebagai pemilik bisnis itu sendiri.

Minggu, 19 Agustus 2012

Cara Mengembangkan Entrepreneur Mindset

Negeri ini masih sangat kekurangan entrepreneur. Dibalik beragam liputan tentang seribu satu sosok enterpreneur, negeri ini ternyata masih sangat sedikit memiliki kaum wirausaha. Data terkini menunjukkan angka populasi entreprenuer di negeri ini hanya 0,18 % dari total penduduk, atau hanya sekitar 400,000 orang. Sebuah jumlah yang terlalu sedikit untuk sebuah negara dengan penduduk lebih dari 200 juta jiwa.
Padahal, kisah kemonceran sebuah bangsa selalu dilentikkan oleh kisah heroisme para entrepreneurnya. Mereka membangun bisnis dari nol, mendedahkan cerita legendaris, dan kemudian menancapkan jejak yang amat kokoh dalam sejarah ekonomi dunia. Amerika akan selalu dikenang karena mereka memiliki Henry Ford, Bill Gates, ataupun Lary Page & Sergei Brin (pendiri Google). Jepang menjadi legenda lantaran kisah Akio Morita (pendiri Sony), Soichiro Honda dan Konosuke Matshushita (Panasonic). 

Lalu bagaimana solusinya? Apa yang mesti dilakukan negeri ini sehingga kelak akan lahir Bill Gates dari Bandung, Akio Morita dari Pemantang Siantar, ataupun Sergei Brin dari tanah Maluku? Solusi ini akan coba kita bentangkan dengan terlebih dulu menulusuri dua faktor utama kenapa negeri ini masih sangat kekurangan sosok entrepreneur yang tangguh.

Jawaban yang pertama mudah : kita sangat kekurangan jumlah entrepreneur karena sistem pendidikan kita memang mendidik kita untuk menjadi pegawai dan bukan entrepreneur; mengarahkan kita untuk menjadi kuli, bukan kreator. Sungguh mengherankan, sepanjang kita sekolah selama puluhan tahun, kita nyaris tidak pernah mendapatkan pelajaran mengenai entrepreneurship. Juga nyaris tak pernah mendapatkan pelajaran tentang keberanian mengambil resiko, tentang ketajaman mencium peluang bisnis, ataupun pelajaran tentang life skills – sebuah pelajaran penting yang akan membikin kita menjadi manusia-manusia mandiri nan digdaya.
Tidak. Kita tak pernah mendapatkan itu semua. Selama bertahun-tahun kita hanya dijejali dengan aneka teori dan konsep, seolah-olah kelak kita akan menjadi “kuli” atau pegawai di sebuah pabrik. Lalu begitulah, setiap penghujung tahun ajaran, setiap kampus ataupun sekolah bisnis beramai-ramai mengadakan Job Fair, memberikan pembekalan (sic! ) tentang cara menyusun CV yang bagus dan trik bagaimana menghadapi wawancara kerja. Semua dilakukan sebab seolah-seolah bekerja menjadi “kuli berdasi” di perusahaan besar (kalau bisa multi national companies) merupakan “jalur emas” yang wajib ditempuh oleh setiap lulusan sarjana.

Kenyataan seperti diatas mestinya harus segera dikurangi. Sebab situasi semacam itu hanya akan membuat spirit entrepreneurship kita pelan-pelan redup. Sebaliknya, kita sungguh berharap pendidikan dan pelajaran entrepreneurship diberikan secara masif dan sejak usia dini, setidaknya sejak di bangku sekolah SLTP (pelajaran tentang entrepreneurship juga bisa Anda dapatkan DISINI). Sebab dengan demikian, negeri ini mungkin bisa bermimpi melahirkan deretan entrepreneur muda nan tangguh pada rentang usia 17 tahun-an.
Pada sisi lain, acara semacam job fair mestinya disertai dengan acara yang tak kalah meriahnya, yakni semacam “Entrepreneurship Campus Festival”. Kita membayangkan dalam ajang ini, ribuan mahasiswa muda datang dengan beragam gagasan bisnis yang segar, dan kemudian dipertemukan dengan barisan investor yang siap mendanai ide bisnis mereka (investor ini sering juga disebut sebagai “angel investor” atau “venture capital”). Melalui ajang inilah bisa dilahirkan ribuan entrepreneur muda baru dari setiap kampus yang ada di pelosok tanah air. Dan sungguh, dengan itu mereka tak lagi harus antri berebut fomulir lamaran kerja, ditengah terik panas matahari, dengan peluh di sekujur tubuh, dengan muka yang kian sayu…….(duh, biyung, malang nian nasibmu…).

Faktor kedua yang membuat kita sangat kekurangan entrepreneur, dan juga harus segera diatasi adalah ini : mindset orang tua kita yang cenderung lebih menginginkan anaknya menjadi pegawai/karyawan. Sebab, orang tua mana sih yang tidak bangga jika anaknya bisa menjadi ekskutif di Citibank atau manajer di Astra International? Mindset semacam ini menjadi kelaziman sebab bagi kebanyakan orang tua kita, mengabdi dan bekerja di sebuah perusahaan besar setelah lulus kuliah adalah jalur yang harus dilalui untuk merajut kesuksesan. Sebuah jalur “paling stabil” dan “paling aman” untuk dapat melihat anaknya mampu membangun rumah dan memiliki sebuah mobil sedan.

Sebaliknya, orang tua kita acap ragu dan gamang ketika melihat anaknya memutuskan untuk membangun usaha secara mandiri. Mereka khawatir jangan-jangan hal ini akan membuat anak cucu mereka kelaparan……Mindset semacam ini pelan-pelan harus diubah. Cara yang paling efektif adalah dengan menyodorkan semakin banyak contoh keberhasilan yang bisa diraih para entrepreneur muda. Dengan kisah-kisah keberhasilan ini, diharapkan orang tua kita menjadi kian sadar bahwa pilihan menjadi entreprenuer dan membuka usaha sendiri merupakan jalur yang juga bisa membawa kesuksesan yang melimpah.

Ya, orang tua kita mungkin perlu disadarkan, bahwa pilihan menjadi juragan ayam ternak di kampung halaman tak kalah hebat dibanding menjadi manajer di Citibank yang berkantor megah di Sudirman. Bahwa pilihan menjadi juragan batik grosir tak kalah mak nyus dibanding menjadi ekeskutif di sebuah perusahaan multi nasional……

Usaha Aneka ANEKA JUS BUAH Dan MANFAATNYA

Usaha  Aneka  ANEKA  JUS   BUAH
*
-
Bahan baku minuman jus sangat murah tapi keuntungan yang didapat mencapai 150% sampai 300%. Alat utama yang dibutuhkan pun hanya  blender saja, yang harganya tidak sampai jutaan rupiah. Dan  gula pasir  yang  sudah  dicairkan.
Konsumen Anda adalah orang segala usia, mulai anak kecil sampai orang dewasa.

Untuk memulai bisnis ini Anda harus memilih tempat yang benar-benar strategis  jika Anda mengharap untung besar, misalnya dekat kampus, sekolah, perkantoran, alun-alun dan lain-lain.
Belilah blender beserta gelas-gelasnya, meja dan kursi. Jangan lupa menyediakan sarana promosi agar konsumen Anda tahu tempat Anda berjualan aneka minuman jus.

Kendala menjalankan usaha ini adalah musim penghujan. Sedangkan keberhasilan usaha ini adalah keaneka ragaman jenis buah-buahan yang akan Anda buat menjadi jus.
Jangan sekali-kali menggunakan pemanis buatan, sebab konsumen Anda akan mengetahui  jika Anda menggunakan pemanis buatan yang tidak menyehatkan itu. Jadi gunakan gula asli dalam bahan baku jus Anda.

Sambil berjualan Jus Buah, Anda juga dapat menambahkan pasokan kedai Anda dengan aneka kue atau makanan lainnya. Dan juga agar suasana tempat ini tidak terlalu sepi, Anda bisa memutarkan lagu-lagu yang sedang hits agar pelanggan betah dan ingin mampir lagi di kedai Jus Anda.
Oya, berilah  nama-nama  yang  ‘unik’ untuk  setiap Jus  Buah Anda itu.
-
*Analisa Ekonomi
Modal awal
Peralatan (blender, piring, gelas, dll)       Rp. 3.000.000,-

Kursi dan meja                                Rp. 5.000.000,-

Total                                         Rp. 8.000.000,-

Biaya Operasional

Gaji pegawai (2 orang)                        Rp.  1.600.000,-

Bahan baku dan makanan                        Rp.  8.400.000,-

Total                                         Rp. 10.000.000,-

Omzet per bulan                               Rp. 15.000.000,-

Laba per bulan                                Rp.  5.000.000,-

Masa kembali modal                            1,5 bulan

(Modal awal : Laba per bulan)
*Tambahan Resep Aneka Jus  (dan manfaatnya) :
Jus tidak secara otomatis membuat masalah kesehatan anda terselesaikan. Namun, minuman sejuk dan menyegarkan ini dapat membantu tubuh Anda dengan keaneka-ragaman manfaatnya :
_
1. Pengusir lelah:
Zat yang diperlukan vitamin B kompleks, vitamin C, E, seng, besi, magnesium dan potasium.
Bahan: 4 buah wortel, 2 cm jahe, 3 lembar daun bayam, ½ genggam peterseli, 6 tangkai  selada air,
atau 3 lembar daun bayam, 5 buah wortel dan Brussel sprout,
atau 6 lembar daun bayam, 1 apel, ¼ jeruk nipis, 6 buah leci, 4 buah kiwi. Tambahkan air sesuai kekentalan yang diinginkan.
-
2. Mengusir Jerawat:
Gizi yang diperlukan vitamin B2, C, E, beta karoten, potasium dan seng. Bahan: 4 buah wortel, 1 buah lobak cina dan 2 cm jahe.
-
3. Mencegah Kulit  Kusam:
Gizi yang diperlukan: vitamin B2, C dan E, beta karoten dan potasium
Bahan: 110 gram buah anggur merah, 10 buah strawbery
atau 2 buah jeruk, 1 buah jambu biji dan ½ buah jeruk nipis.
-
4. Anti  Keriput:
Gizi yang diperlukan vitamin B2, C, E, silikon, selenium dan potasium.
Bahan: 4 buah wortel, 1 buah pir, 6 lembar daun seledri dan segenggam peterseli.
-
5. Memulihkan  Gairah  Bercinta:
Gizi yang diperlukan beta karoten, vitamin E dan seng.
Bahan: 3 buah apel, 2 cm jahe, 2 tangkai seledri
atau: 4 buah wortel, 2 lembar daun bayam ditambah ½ genggam peterseli
atau 170 gram buah anggur merah ditambah 3 buah peach.
-
6. Mengurangi  Keluhan PMS (pre-menstrual syndrome = sindrom prahaid):
Gizi yang diperlukan vitamin E, seng dan magnesium.
Bahan: 4 buah wortel, 4 lembar daun bayam, 2 tangkai seledri dan 2 cm jahe.
-
7.Pencegah Stres dan Depresi
Gizi yang diperlukan vitamin B kompleks, C, zat besi dan magnesium.
Bahan: 220 gr melon dan 6 lembar daun bayam
atau 4 lembar daun bayam dan 110 gr anggur merah.
-
8. Pereda Flu:
Gizi yang diperlukan: vitamin C, beta karoten dan seng.
Bahan: 1 buah jeruk yang besar, 1 buah jambu biji dan air
atau 2 buah jeruk yang besar, ½ jeruk lemon, ½ buah jeruk nipis dan 1 buah pepaya.
-
9. Pencegah Tekanan darah tinggi:
Gizi yang diperlukan potasium, kalsium dan magnesium.
Bahan: 110 gr buah ceri, 170 gr buah anggur dan 1 buah pir.
-
10. Mencegah artritis:
Gizi yang diperlukan niasin, vitamin B3, vitamin C, kalsium dan selenium. Bahan: 4 buah wortel dan 6 tangkai selada air
atau 1 buah jambu biji, ¼ buah jeruk nipis dan 2 cm nanas potongan melintang.
-
11. Mencegah  Osteoporosis  (kerapuhan tulang):
gizi yang diperlukan vitamin D dan kalsium.
Bahan: 3 buah wortel, 1 buah apel, 4 kuntum brokoli beserta batangnya dan ½ genggam peterseli.
-
12. Problem Percernaan:
Gizi yang diperlukan asam folat dan beta karoten.
Bahan: 3 buah wortel, 1 buah lobak cina dan 2 buah apel
atau 3 buah apel, ¼ buah mentimun dan 4 tangkai selada air.
-
13. Gusi berdarah:
Gizi yang diperlukan vitamin C, kalsium dan magnesium.
Bahan: 4 lembar daum bayam, 3 buah apel dan 1 buah pir
atau 6 lembar daun selada, 5 buah wortel dan segenggam peterseli.
-
14. Mata lelah:
Gizi yang diperlukan: beta karoten.
Bahan: 6 buah wortel dan 4 tangkai selada air.

5 Smart Ways to Continue Operating a Successful Business


Expert Author Jonathan ReynoldAccording to various publications, around 600,000 new businesses are established every year in USA. However, only a few continue operating their businesses successfully while the rest vanish within a few years. Why does this happen? Well, it is because most businessmen do not know the secrets of working their companies effectively. Let's find out what these smart ways are.

Focus on Your Customers
Producing goods and services without taking into consideration the current market trends and the target customers will yield no fruitful result as such. You must research on what the common man is looking for and then start planning to sell those items that are in demand in the market. The needs of the customers should be your top most priority.

Be a Social Media Buff
With the rapid increase in popularity of social media sites, you must ensure you have a social media presence as well. Try to create an attractive business page providing all kinds of relevant information about your upcoming products and events. If you are planning to organize a Product Launch, make sure that publish the details on social media pages. If it is a paid event, post the link for the online ticketing page. Social media offers tremendous networking opportunities with industry professionals and potential customers or event attendees. You get to chat with them, share your views and ideas, upload multiple photos and video clips, and exchange contact numbers to do business with them.

Get Acquainted with Your Customers
Build relationships with the customers that are personalized to a level by giving them the opportunity to call or email you with their queries and questions. You should give your potential clients or attendees a chance to carry forward the relationship beyond product purchases or sales pitches. Help them to get acquainted with your business because in the long run it will benefit you in gaining the trust and loyalty from all kinds of customers.

Continue Doing Researching
Your marketing team should not stop their timely research on what strategies are your competitors adopting to get an edge over you, what the target audience are demanding, understanding their requirements and expectations, and accordingly work on the products line to satisfy the masses.

Consulting an Expert
It is very important to find the right solution to problems which may not be easy to crack. It therefore becomes necessary for businesses to take an expert's advice. External consultants and industry experts are the people who can quickly zero in on the problem areas and give you instant solutions necessary for your sustained business growth and ultimate customer happiness.

Sabtu, 18 Agustus 2012

Proposal Usaha Rumah Makan Sederhana


Memiliki modal usaha yang minim sering kali membuat sebagian besar orang mengurungkan niatnya untuk memulai usaha. Padahal sebenarnya jika mereka jeli, saat ini sudah banyak peluang usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Salah satunya yaitu peluang usaha di bidang makanan.
Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba peluang usaha makanan dengan modal kecil, pekan ini kami informasikan salah satu ide usaha di bidang makanan yang bisa dijalankan dengan murah dan mudah.
Tingginya permintaan pasar akan berbagai jenis produk makanan terutama lauk pauk, membuat berbagai peluang usaha di bidang ini menjanjikan untung besar bagi setiap pelakunya. Kesempatan inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh omset besar setiap bulannya. Anda dapat membuka bisnis makanan yang menawarkan aneka macam lauk pauk kepada konsumen disekitar rumah Anda.

Konsumen
Menyajikan berbagai macam aneka lauk sebagai peluang usaha, tentunya memberikan kesempatan bagi Anda untuk membidik target pasar yang cukup luas. Mulai konsumen anak kost yang terdiri dari para pelajar, mahasiswa maupun karyawan, sampai para ibu rumah tangga dan masyarakat umum lainnya, bisa Anda jadikan sebagai target konsumen yang cukup potensial.

Info produk
Membuka sebuah bisnis dan mendapatkan untung besar dari usaha tersebut memang menjadi salah satu impian besar bagi banyak orang. Namun untuk mencapainya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pelaku usaha sebelum akhirnya mencapai impian besar yang telah mereka cita-citakan.
Untuk itu berikut kami informasikan kepada para pembaca, beberapa persiapan yang perlu diperhatikan para pelaku usaha untuk memulai suksesnya di usaha makanan.

1. Memilih aneka macam lauk pauk serta sayur yang banyak diminati konsumen. Misalnya seperti berbagai macam olahan ayam, ikan, telur, tempe, tahu, gorengan, serta beraneka macam masakan sayur yang banyak dicari masyarakat di sekitar lokasi usaha.
2. Utamakan kualitas produk. Setelah memilih menu yang dipasarkan, langkah berikutnya yaitu memproduksi aneka macam lauk dan sayur yang cita rasanya berkualitas. Baik dari pemilihan bahan baku yang benar-benar berkualitas, proses produksi yang higienis, serta memberikan bumbu yang pas bagi setiap masakan yang ditawarkan. Sehingga cita rasa yang ditawarkan pada para konsumen benar-benar pas dan berkualitas.
3. Cari lokasi usaha yang strategis. Untuk menghemat biaya operasional, Anda bisa memanfaatkan lokasi usaha di depan rumah atau di pinggir jalan yang ramai di lalui kendaraan. Semakin ramai lalu lintas lokasi tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang Anda ciptakan.
4. Persiapkan peralatan dan perlengkapan usaha. Sebenarnya peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Anda dapat menggunakan meja panjang untuk memasarkan berbagai dagangan Anda. Dan untuk tempat lauk pauk bisa dipisahkan sesuai jenisnya dengan menggunakan wadah baskom atau lengser, sedangkan untuk masakan sayur dapat dibungkus menggunakan plastik, mika, atau kertas bungkus dan diatur rapi seperti penataan pada lauk pauk.
5. Lakukan survey pasar untuk mengetahui patokan harga yang ada di pasaran, besarnya minat pasar, serta mencari tahu para pesaing yang ada di sekitar lokasi Anda. Dengan begitu Anda memiliki sedikit gambaran untuk menentukan rencana usaha yang akan Anda jalankan.
6. Sebagai contoh, berikut kami sertakan salah satu resep masakan lauk yang banyak diminati pasar, yaitu semur ayam.

RESEP SEMUR AYAM
Asumsi
Resep untuk 5-6 orang
Bahan:
1 ekor ayam
750 cc air
¼ sdt gula merah
5 sdm kecap manis
bawang goreng
Bumbu yang dihaluskan:
2 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt merica
¼ butir pala
1 sdm garam
Cara Membuat:
- Cuci bersih ayam lalu dipotong-potong menjadi 5-6 bagian
- Siapkan air di dalam panci lalu masukkan potongan ayam. Rebus hingga setengah matang dan sisihkan.
- Sementara itu tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, kemudian masukan ayam yang telah direbus. Dan tambahkan kecap manis, gula merah dan air
- Masak sambil diaduk pada api sedang hingga kuah mengental
- Angkat dan berikan taburan bawang goreng. Menu siiap dihidangkan

Kelebihan usaha
Hampir semua orang di daerah perkotaan memiliki rutinitas atau aktivitas harian yang cukup tinggi, sehingga banyak yang tidak sempat memasak sayur maupun lauk pauk ditengah kesibukan yang mereka miliki. Kondisi ini tentu sangat menguntungkan para pelaku bisnis makanan serba lauk, karena prospek pasarnya masih sangat bagus.

Selain prospek pasarnya bagus, menekuni usaha makanan serba lauk tidak membutuhkan modal besar. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki cukup modal, jangan berkecil hati dengan keadaan yang Anda miliki. Karena dalam bisnis ini modal yang terpenting adalah skill atau kemampuan Anda dalam menghasilkan lauk pauk serta masakan sayur dengan cita rasa yang pas di lidah para konsumen.


Kekurangan usaha
Resiko usaha yang sering dialami para pelaku usaha di bidang makanan yaitu harga bahan baku yang tidak stabil. Terutama harga ayam, ikan, telur, dan bumbu-bumbu lainnya. Sehingga para pelaku usaha sering kesulitan dalam memberikan harga, karena penawaran harga yang terlalu tinggi juga tidak disenangi para konsumen. Untuk mengatasinya, lakukan survey harga di beberapa supplier atau pasar tradisional yang ada di sekitar lokasi Anda. Agar Anda dapat mengetahui tempat kulakan yang menawarkan harga cukup murah.
Resiko lainnya yaitu adanya lauk pauk maupun masakan sayur yang masih tersisa. Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya para pelaku usaha memperhitungkan dengan cermat jumlah masakan yang akan diproduksi setiap harinya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko kerugian yang mungkin diperoleh para pengusaha, ketika masakan mereka tidak habis terjual.


Pemasaran
Pada dasarnya pemasaran bisnis warung lauk pauk dan sayur terbilang cukup sederhana. Yang terpenting pilih lokasi usaha di tempat yang cukup strategis. Sehingga para konsumen dapat mengetahui keberadaan lokasi usaha Anda dengan mudah.
Selanjutnya para pelaku usaha dapat memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut, untuk memasarkan produknya ke masyarakat luas. Semakin banyak konsumen yang menginformasikan usaha Anda, maka semakin lebar pula peluang pasar yang bisa Anda jangkau.

Sedangkan untuk menarik minat konsumen, Anda dapat meletakan semua lauk pauk dan masakan sayur yang Anda tawarkan di tempat yang terlihat para konsumen (misal menatanya diatas meja). Meskipun sederhana namun cara ini cukup efektif dan berhasil menarik minat para konsumen yang melewati lokasi usaha Anda, karena tak jarang banyak konsumen yang tertarik mampir dan membeli setelah mereka melihat aneka macam lauk yang ditawarkan di atas meja.

Kunci sukses
Untuk mencapai kesuksesan di usaha makanan serba lauk, sebaiknya jaga kualitas rasa masakan yang Anda tawarkan ke konsumen. Dan berikan harga jual yang terjangkau oleh semua kalangan. Dengan demikian konsumen tidak segan untuk kembali membeli lauk pauk serta masakan sayur yang Anda tawarkan.


Analisa Ekonomi
Modal awal
Meja panjang Rp 800.000,00
Peralatan masak (kompor, panci, wajan, dll) Rp 700.000,00
Perlengkapan (baskom dan nampan) Rp 300.000,00+
Total Rp 1.800.000,00
Meja, peralatan masak dan perlengkapan mengalami penyusutan setelah digunakan 2 tahun.
Dengan rincian : 1/24 bulan x Rp 1.800.000,00 = Rp 75.000,00/bulan


Biaya operasional per bulan
Belanja bahan baku (@ Rp 200.000,00/hari x 30 hr) Rp 6.000.000,00
Tabung gas 3 kg (@ Rp 16.000,00 x 8 tabung) Rp 128.000,00
Perlengkapan (plastik, kertas bungkus, dan mika) Rp 300.000,00
Biaya penyusutan alat Rp 75.000,00
Biaya transportasi (@ Rp 10.000,00/hr x 30 hari) Rp 300.000,00
Biaya kebersihan dan keamanan Rp 60.000,00+
Total Rp 6.836.000,00


Omset per bulan
Penjualan rata-rata per hari :
Penjualan lauk ayam : @ Rp 5.000,00 x 15 potong Rp 75.000,00
Penjualan lauk ikan : @ Rp 4.000,00 x 15 potong Rp 60.000,00
Penjualan lauk telur : @ Rp 2.000,00 x 15 telur Rp 30.000,00
Penjualan tahu/tempe : @ Rp 1.000,00 x 30 buah Rp 30.000,00
Penjualan aneka sayur : @ Rp 2.000,00 x 40 bungkus Rp 80.000,00+
Total penjualan per hari Rp 275.000,00
Omset per bulan : Rp 275.000.00 x 30 hari = Rp 8.250.000,00


Laba bersih per bulan
Rp 8.250.000,00 – Rp 6.836.000,00 = Rp 1.414.000,00

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan) = 1,3 bulan


Incoming Search Terms:

  • usaha rumah makan
  • usaha restoran kecil
  • blog restoran sederhana
  • contoh proposal pengajuan dana usaha rumah makan
  • gambar peluang usaha dibidang makanan
  • proposal usaha rumah makan download
  • prospek usaha restoran dengan modal 40 dan keuntunganya per hari
  • rincian dana proposal rancangan bisnis ikan bakar
  • rincian usaha rumah makan
  • roi warung makan