Tips Untuk Bekerjasama Dan Menjalankan
Konsep Minimarket Mandiri:
1. Survey awal kelayakan lokasi : analisa pasar, traffic, kepadatan
penduduknya dan lengkap status surat kepemilikan tempatnya serta RAB toko.
2. Membuat analisa rencana belanja barang : dagangan toko, perlengkapan
toko, legalitas usaha/perizinan, biaya transportasi kirim barang dan akomodasi
tim kerja, promosi & marketing, biaya jasa konsultan dan maintanance/perawatan
operasional dan pejualan atas target minimal toko tersebut.
3. Kesiapan permodalan awal yang pasti, apakah total Investor atau
bekerjasama dengan Bank/Leasing.
4. Analisa asumsi modal awal terhadap rencana balik modal berapa
lama ?
5. Mau dan benar-benar menjalankan bisnis ini dengan serius, bekerjasama
dengan baik serta membuat evaluasi yang obyektif atas kinerja operasional toko
perminggu/perbulan dan pertahun, seperti perencanaan belanja barang, keuangan
pembayaran yang baik atas stok toko dan supplier toko.
6. Investor Benar-benar komitment atas kontrak kerja kerjasama dengan
Jasa Konsultan, begitu pun sebaliknya dan selalu bekerjasama yang baik secara
win-win solution seperti tujuaan awal yang baik dari kontrak kerjasama yang
telah disepakati.
7.
Adanya disiplin sistem pembayaran ke supplier,dan menyimpan uang penjualan toko
per hari ke rek baru bank yang di gunakan secara teratur dan tercontrol
dengan baik.
8. Ada baiknya Owner/Investor bila ingin mendapatkan margin/keuntungan
langsung dari penjualan toko diterima setiap akhir bulan dengan tidak mengambil
perhari / perminggu untuk keperluan pribadi (idealnya margin/profit diterima
di bulan ke 2-3, agar tidak menggangu cash flow keuangan/laporan keuangan di
update yang baik terlebih dahulu dari saat GO/buka toko).
9. Bila adanya ketidaktepatan waktu atas kinerja operasional toko (SDM/Supplier)
harus segera dicari solusi secara baik dan berkesinambungan tanpa harus
memutuskan secara sepihak dan merugikan dari rencana awal yang baik
10. Mulailah dengan membiasakan berbelanja di toko sendiri untuk Owner/SDM
toko atau teman/relasinya untuk kebutuhan perhari secara rutin dalam rangka
mengejar target penjualan
11. Buatlah Rencana kerja yang baik/forecase per minggu/bln atas semua
rencana ke depan operasional toko dengan bekerjasama yang baik dengan SDM
dan Tim Konsultan secara obyektif & positive thinking.
12. Keberhasilan suatu bisnis usaha retail minimarket dapat diraih dengan
disiplin yang kuat, kebersihan dan kerapihan toko & SDM, control pengawasan,
perencanaan aplikasi belanja dan pembayaran yang akurat, komitment atas kontrak
awal kerjasama yang disepakati, kreatif, inisiatif dan kecepatan pelayanan
terhadap dalam operasional toko untuk SDM, dan Owner serta tim management yang
membantu mengelola dalam kerjasama yang baik.
Semoga tips awal ini menjadi bermanfaat untuk membangun minimarket mandiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar