Pengikut

Selasa, 31 Juli 2012

Tips Untuk Bekerjasama Dan Menjalankan Konsep Minimarket Mandiri

Tips Untuk Bekerjasama Dan Menjalankan Konsep Minimarket Mandiri:

1. Survey awal kelayakan lokasi : analisa pasar, traffic, kepadatan penduduknya dan lengkap status surat kepemilikan tempatnya serta RAB toko.

2. Membuat analisa rencana belanja barang : dagangan toko, perlengkapan toko, legalitas usaha/perizinan, biaya transportasi kirim barang dan akomodasi tim kerja, promosi & marketing, biaya jasa konsultan dan maintanance/perawatan operasional dan pejualan atas target minimal toko tersebut.

3. Kesiapan permodalan awal yang pasti, apakah total Investor atau bekerjasama dengan Bank/Leasing.

4. Analisa asumsi modal awal terhadap rencana balik modal berapa
lama ?


5. Mau dan benar-benar menjalankan bisnis ini dengan serius, bekerjasama dengan baik serta membuat evaluasi yang obyektif atas kinerja operasional toko perminggu/perbulan dan pertahun, seperti perencanaan belanja barang, keuangan pembayaran yang baik atas stok toko dan supplier toko.

6. Investor Benar-benar komitment atas kontrak kerja kerjasama dengan Jasa Konsultan, begitu pun sebaliknya dan selalu bekerjasama yang baik secara win-win solution seperti tujuaan awal yang baik dari kontrak kerjasama yang telah disepakati.

Minimarket Mandiri Azia Mart7. Adanya disiplin sistem pembayaran ke supplier,dan menyimpan uang penjualan toko per hari ke rek baru bank yang di gunakan secara teratur dan tercontrol dengan baik.

8. Ada baiknya Owner/Investor bila ingin mendapatkan margin/keuntungan langsung dari penjualan toko diterima setiap akhir bulan dengan tidak mengambil perhari / perminggu untuk keperluan pribadi (idealnya margin/profit diterima di bulan ke 2-3, agar tidak menggangu cash flow keuangan/laporan keuangan di update yang baik terlebih dahulu dari saat GO/buka toko).

9. Bila adanya ketidaktepatan waktu atas kinerja operasional toko (SDM/Supplier) harus segera dicari solusi secara baik dan berkesinambungan tanpa harus memutuskan secara sepihak dan merugikan dari rencana awal yang baik

10. Mulailah dengan membiasakan berbelanja di toko sendiri untuk Owner/SDM toko atau teman/relasinya untuk kebutuhan perhari secara rutin dalam rangka mengejar target penjualan

11. Buatlah Rencana kerja yang baik/forecase per minggu/bln atas semua rencana ke depan operasional toko dengan bekerjasama yang baik dengan SDM dan Tim Konsultan secara obyektif & positive thinking.

12. Keberhasilan suatu bisnis usaha retail minimarket dapat diraih dengan disiplin yang kuat, kebersihan dan kerapihan toko & SDM, control pengawasan, perencanaan aplikasi belanja dan pembayaran yang akurat, komitment atas kontrak awal kerjasama yang disepakati, kreatif, inisiatif dan kecepatan pelayanan terhadap dalam operasional toko untuk SDM, dan Owner serta tim management yang membantu mengelola dalam kerjasama yang baik.

Semoga tips awal ini menjadi bermanfaat untuk membangun minimarket mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar