Sesuai judul, bagi saya ini adalah minggu yang aneh di dalam jual
beli online dan baru pertama kali saya alami kejadian ini di dalam jual
beli online. Lima tahun di dalam jual beli online, saya hanya sekali
mengalami kerugian materi, nominalnya pun relatif kecil hanya pulsa
untuk satu bulan.
Hal yang aneh bagi saya, yang tidak pernah ketemu dengan seller “ajaib”
dan uniknya reaksi sayapun berbeda di tiga kejadian aneh ini. Pertama
adalah ketika saya membeli lensa all round untuk amatir demi
keperluan workshop nanti. Tanpa membaca dengan jelas threadnya, cuma
memperhatikan garansinya masih berlaku atau tidak, sayapun segera
melakukan transfer. Kesalahan saya adalah ternyata penutup lensa bagian
atas itu bukan merk yang sama dan parahnya penutup kamera itu merk N
bukan C. Udah jatuh, diolokin lagi. Walaupun begitu, apa yang terjadi
tidak bisa di ulang. Sayapun menunggu saja barang yang datang, sambil
melihat penutup lensa pada beberapa penjual lainnya.
Keesokan harinya, saya mendapatkan BBM tentang paket saya. “Bro,
expedisinya tutup” loh, apa expedisi ini cabangnya cuma satu ? saya
komplain dan ajaibnya, penjual meminta saya untuk melihat langsung untuk
membuktikan tutup tidaknya ekspedisi ini. Pengalaman pertama
mendapatkan masalah ini, seller ini pun dengan ajaibnya mengatakan telah
melakukan jual beli online 1,5 tahun ? saya yang lima tahun jual beli
online saja tidak pernah menyebutkan pengalaman saya, penjual ini malah
bangga dengan pelayanannya yang ajaib. Tidak mau berdebat, saya memilih
mengalah menunggu barang di kirim senin. Penjual juga lagi sakit
matanya, kasihan kalau harus direpotkan lagi. Ternyata, siangnya penjual
ini mengirimkan resinya dengan alasan selain berobat, penjual langsung
mengirimkan melalui kantor pusat expedisi ini. Syukurlah.
Pelajaran pertama, di sini saya harus teliti pada saat membaca lapak jualan setiap barang yang saya inginkan. Pelajaran
kedua, ketika menjadi penjual saya tidak boleh mengatakan untuk “datang
sendiri saja bro untuk membuktikan tutup tidaknya ekspedisinya” Normal,
penjual akan menjelaskan permasalahan yang terjadi, untuk menenangkan
pembeli.
Kasus kedua terjadi ketika saya ingin membeli penutup lensa bagian atas
pada seorang penjual. Saya add BBM kontak melalui PIN yang tertera di
lapaknya. Tanpa basa basi, saya langsung menanyakan apa ada Penutu Lensa
Merk A ukuran 62mm ? Balasan BBMnya sungguh tidak terduga. Alamat situs
jual beli online punya penjual ini, saya yang mengerti agar melihat
sendiri di situs online milik penjual ini, menanyakan kembali maksud
dari balasan penjual ini dan saya dapatkan penjelasan sederhana tanpa
makna. Saya buka situs jual belinya dan ternyata barang yang saya cari
tidak ada.
Pelajaran ketiga, ketika penjual melakukan transaksi online berarti
posisi dia adalah sebagai, penjual dan customer service jika tidak ingin
melayani tanya jawab ? Tidak perlu memajang BBM kontak atau YM kalau
menjual hanya membingungkan pembeli.
Selanjutnya keanehan ketiga di dalam satu minggu ini adalah ketika saya
langsung menghubungi pusat dari service untuk lensa yang telah saya
beli. Email saya sederhana, menanyakan apakah ada kesediaan barang yang
saya cari. Lucunya di sini, saya di minta untuk menghubungi salah satu
dealer mereka dan dealer mereka ini melakukan hal sebaliknya dengan
menghubungi pusat service untuk barang yang saya cari. Kenapa tidak
langsung saja. Ya, mungkin harus dealer itu sendiri yang melayani jual
beli ini.
Di sini saya melakukan hal yang tidak biasanya saya lakukan,
langsung melakukan transaksi dengan nominal yang memang tidak besar,
walaupun begitu tetap saja riskan. Biasanya untuk nominal di atas lima
ratus ribu, saya menggunakan alternatif pihak ketiga yaitu rekening
bersama dan itupun langganan saya dari saya mengenal jual beli online.
Alangkah lebih baik jika pada nantinya ada uang elektronik yang dapat
digunakan melakukan transaksi se Indonesia dengan badan hukum yang
jelas.
Ya, pengalaman satu minggu yang sebenarnya bisa tidak terjadi jika saya
memperhatikan lebih teliti lapak jual beli penjual yang pertama dan
meskipun demikian saya mendapatkan pengalaman yang berharga di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar