Dalam dunia usaha. keterampilan menjual atau yang lebih akrab di telinga masyarakat dengan istilah selling skill,
memang cukup penting untuk mencapai puncak kesuksesan. Sebab, seperti
kita ketahui bersama, dunia usaha tidak bisa dilepaskan dari teknik marketing.
Apabila strategi pemasaran yang dijalankan bisa berjalan lancar, bisa dipastikan bila bisnis Anda juga bisa berkembang cukup pesat. Dan
begitu juga sebaliknya, apabila strategi pemasaran yang Anda jalankan
kurang efektif, maka tidak menutup kemungkinan bila bisnis yang Anda
rintis hanya akan karam di tengah ketatnya persaingan pasar.
Karenanya, agar bisnis Anda tidak karam di tengah ketatnya persaingan. Berikut kami informasikan 5 selling skill yang dibutuhkan pelaku pasar untuk mendatangkan banyak penjualan.
Pertama, mudah beradaptasi dengan keinginan para
konsumen. Sebagai seorang penjual, tak jarang Anda menemui berbagai
macam karakter konsumen dengan beragam keinginan. Tidak hanya itu saja,
tentunya setiap konsumen menginginkan para pelaku pasar bisa memenuhi
semua kebutuhan mereka, karenanya sebagai penjual Anda harus bisa
beradaptasi dengan keinginan konsumen dan berusaha mewujudkannya untuk
meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.
Kedua, tidak mudah emosi ketika menghadapi calon
pelanggan. Terkadang sebagai pelaku pasar, kita dihadapkan dengan
berbagai macam perilaku konsumen. Ada perilaku konsumen
yang agresif, kritikus, konsumen yang ramah, sampai dengan konsumen
yang pasif. Oleh sebab itu, Anda dituntut agar bisa bersikap bijaksana
dan mengesampingkan emosi Anda. Jangan pernah melibatkan emosi Anda,
karena hanya akan memberikan citra buruk yang bisa mengancam nama baik
perusahaan Anda.
Ketiga, membangun komunikasi pemasaran yang efektif.
Meskipun Anda adalah seorang penjual dan masyarakat umum merupakan
target pasar yang bakal Anda bidik. Namun jangan pernah membatasi
komunikasi yang terbangun agar kedekatan antara penjual dan pembeli bisa
terjalin dengan baik. Bila perlu, jadilah sahabat bagi konsumen Anda
agar kedepannya Anda bisa mengetahui kebutuhan, keinginan, dan
permintaan para konsumen.
Keempat, memiliki cara efektif untuk menghubungi
para pelanggannya. Selain jago dalam memikat calon konsumen, tentunya
seorang pelaku pasar juga harus handal dalam mem-follow up calon
pelanggannya. Gunakan cara-cara efektif agar Anda tidak terkesan
memaksa calon konsumen Anda. Misalnya saja seperti menghubungi mereka
pada waktu santai serta menggunakan bahasa yang bersahabat agar konsumen
memberikan respon positif pada Anda.
Kelima, melibatkan konsumen untuk membuktikan
langsung kelebihan produk Anda. Sekarang ini konsumen di pasaran sudah
mulai cerdas, mereka mulai selektif dalam menanggapi penawaran, sehingga
sebagai seorang pelaku pasar Anda harus pintar-pintar untuk meyakinkan
calon konsumen. Misalnya saja dengan mengajak calon konsumen untuk ikut
demonstrasi produk agar bisa membuktikan langsung kelebihan produk Anda.
Nah, semoga kelima tips pemasaran
yang telah kita bahas bersama bisa memberikan manfaat bagi para pembaca
dan membantu para pemula yang sedang bingung memasarkan
produk-produknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar