Pengikut

Senin, 13 Agustus 2012

BIAYA PENDIRIAN APOTEK

BIAYA PENDIRIAN APOTEK

Biaya pendirian apotek mandiri oleh apoteker sebenarnya tidaklah mahal sekali.  Semua itu tergantung dimana lokasi kita akan mendirikan apotek.  Bila  anda ingin mendirikan apotek dengan  modal berapa  saja bolehlah anda masuk forum HISFARMA. dan modal yang paling mahal adalah ijazah apoteker. Dan kesulitan yang paling besar adalah kesiapan kita untuk mandiri.

Modal apotek biasanya saya bagi menjadi beberapa antara lain :

1. Modal tempat, bagi yang sudah mempunyai rumah di daerah strategis atau ruko, tempat tidak lagi jadi masalah. Tetapi bagi yang belum punya harga kontrakan per tahun untuk daerah trategis tingkat kecamatan bisa antara 5-10juta.

2. perlengkapan
Perlengkapan menyesuaikan kebutuhan. untuk apotek ukuran kecil sampai sedang bisa anta 10- 50 juta. semua tergantung kebutuhan.

3. perijinan dan perjanjian
Untuk perijinan dan perjanjian, tergantung otonomi daerah.

4. sediaan
Sediaan farmasi setidaknya disiapkan sekitar 1000 item bila kita ingin lebih kompetitif. Kurang dari seribu sepertinya agak berat. Bila per item obat diinvestasikan sekitar 125.000 rupiah maka besaran untuk sediaan farmasi sekitar 125 juta rupian. Bila anda membuat investasi sediaan lebih rendah sebaiknya dibuat grup apotek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar