Pengikut

Sabtu, 13 Oktober 2012

Bagaimana Caranya Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis?

bisnis sampingan dari hobi 200x135 Bagaimana Caranya Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis?Apa hobi Anda? Mungkin pertanyaan seperti ini sudah sangat sering kita dapati dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apakah Anda menyadari bahwa hobi yang Anda miliki bisa mendatangkan hoki bila ditekuni?
Banyak diantara kita yang tidak menyadari bila hobi atau passion dalam diri seseorang ternyata bisa mendatangkan tambahan penghasilan.

Padahal, bisa dikatakan hampir semua hobi bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bila kita jeli dan tekun dalam mengembangkan hobi tersebut. Contohnya saja seperti hobi menulis yang bisa kita salurkan secara positif dengan menjadi penulis freelance di media online maupun menjadi seorang penulis buku terkenal yang karyanya selalu best seller di pasaran.

Tentunya tidak hanya hobi menulis saja yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis untuk mendatangkan untung besar setiap bulan, masih banyak hobi-hobi lainnya yang bisa Anda salurkan dengan baik untuk mendatangkan tambahan penghasilan. Lalu, kira-kira bagaimana caranya mengubah hobi menjadi peluang bisnis?

hobi menulis 200x168 Bagaimana Caranya Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis?Nah, untuk membantu para pembaca yang sedang bingung mencari peluang usaha. Berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika hendak menyalurkan hobi menjadi peluang bisnis sampingan yang menguntungkan.

Pertama, cari tahu apa hobi Anda. Sampai hari ini, tak sedikit orang yang masih kebingungan ketika mendapat pertanyaan mengenai apa hobi yang mereka miliki. Karenanya, penting bagi Anda untuk memilah mana hobi yang benar-benar ingin Anda tekuni dengan hobi yang Anda jalankan sekedar iseng atau hanya untuk mengikuti trend sesaat saja.

Kedua, pilih hobi yang menjual dan disukai banyak orang. Semakin banyak orang yang menyukai hobi tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang bisa Anda bidik untuk mendatangkan tambahan penghasilan. Contohnya saja seperti hobi memancing, melihat penggemarnya semakin membludak, sekarang ini banyak pehobi mancing yang mulai merintis toko peralatan dan aksesoris memancing baik secara online maupun offline, selain itu ada juga yang membuka bisnis pemancingan untuk menyalurkan hobinya sambil meraup keuntungan dari bisnis sampingan yang dijalankan.

Ketiga, kenali pasar Anda. Dengan bekal hobi yang Anda geluti, tentunya membuat Anda paham betul mengenai apa yang disukai dan tidak disukai calon konsumen. Ikuti terus perkembangan hobi yang Anda geluti, dan pahami pula beberapa trend yang sedang digandrungi para pehobi. Misalnya saja Anda memiliki hobi fotografi, maka Anda harus mengenali model-model kamera yang sedang laris di pasaran, desain fotografi yang banyak diminta para konsumen, serta aksesoris apa saja yang dibutuhkan para pehobi fotografi untuk menyalurkan kegemaran mereka. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kebutuhan pasar dan mendapatkan untung besar dari bisnis sampingan yang Anda jalankan.

Keempat, jaring komunitas untuk memperlancar jalannya usaha. Ketika menekuni bisnis sampingan dari hobi, ada baiknya bila Anda menggandeng komunitas hobi yang Anda ikuti untuk memperlancar kesuksesan usaha. Hal ini penting, sebab selain untuk memperluas peluang pasar yang ada, Anda juga bisa sharing atau berbagi informasi baru seputar hobi yang Anda geluti. Ketahuilah, kedekatan yang Anda bangun saat ini, akan menjadi modal utama Anda untuk bisa sukses merintis bisnis sampingan dari hobi yang Anda tekuni.

Kelima, jeli dalam melihat persaingan. Meskipun Anda memiliki kedekatan antar sesama pehobi, namun jangan lengah dengan persaingan yang ada di sekitar Anda. Berbekal hobi yang sama, tidak menutup peluang bila di kemudian hari muncul para pesaing atau kompetitor dari orang-orang terdekatAnda. Oleh karena itu, tawarkan nilai lebih agar bisnis Anda memiliki daya saing yang cukup tinggi.
Semoga kelima tips bisnis yang telah kita bahas bersama bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk segera terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar