Pengikut

Jumat, 12 Oktober 2012

Selling Skill Yang Dibutuhkan Pelaku Pasar


penjualan produk 200x200 Selling Skill Yang Dibutuhkan Pelaku PasarDalam dunia usaha. keterampilan menjual atau yang lebih akrab di telinga masyarakat dengan istilah selling skill, memang cukup penting untuk mencapai puncak kesuksesan. Sebab, seperti kita ketahui bersama, dunia usaha tidak bisa dilepaskan dari teknik marketing.

Apabila strategi pemasaran yang dijalankan bisa berjalan lancar, bisa dipastikan bila bisnis Anda juga bisa berkembang cukup pesat. Dan begitu juga sebaliknya, apabila strategi pemasaran yang Anda jalankan kurang efektif, maka tidak menutup kemungkinan bila bisnis yang Anda rintis hanya akan karam di tengah ketatnya persaingan pasar.

Karenanya, agar bisnis Anda tidak karam di tengah ketatnya persaingan. Berikut kami informasikan 5 selling skill yang dibutuhkan pelaku pasar untuk mendatangkan banyak penjualan.
Pertama, mudah beradaptasi dengan keinginan para konsumen. Sebagai seorang penjual, tak jarang Anda menemui berbagai macam karakter konsumen dengan beragam keinginan. Tidak hanya itu saja, tentunya setiap konsumen menginginkan para pelaku pasar bisa memenuhi semua kebutuhan mereka, karenanya sebagai penjual Anda harus bisa beradaptasi dengan keinginan konsumen dan berusaha mewujudkannya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

Kedua, tidak mudah emosi ketika menghadapi calon pelanggan. Terkadang sebagai pelaku pasar, kita dihadapkan dengan berbagai macam perilaku konsumen. Ada perilaku konsumen yang agresif, kritikus, konsumen yang ramah, sampai dengan konsumen yang pasif. Oleh sebab itu, Anda dituntut agar bisa bersikap bijaksana dan mengesampingkan emosi Anda. Jangan pernah melibatkan emosi Anda, karena hanya akan memberikan citra buruk yang bisa mengancam nama baik perusahaan Anda.

Ketiga, membangun komunikasi pemasaran yang efektif. Meskipun Anda adalah seorang penjual dan masyarakat umum merupakan target pasar yang bakal Anda bidik. Namun jangan pernah membatasi komunikasi yang terbangun agar kedekatan antara penjual dan pembeli bisa terjalin dengan baik. Bila perlu, jadilah sahabat bagi konsumen Anda agar kedepannya Anda bisa mengetahui kebutuhan, keinginan, dan permintaan para konsumen.

selling skill 144x200 Selling Skill Yang Dibutuhkan Pelaku PasarKeempat, memiliki cara efektif untuk menghubungi para pelanggannya. Selain jago dalam memikat calon konsumen, tentunya seorang pelaku pasar juga harus handal dalam mem-follow up calon pelanggannya. Gunakan cara-cara efektif agar Anda tidak terkesan memaksa calon konsumen Anda. Misalnya saja seperti menghubungi mereka pada waktu santai serta menggunakan bahasa yang bersahabat agar konsumen memberikan respon positif pada Anda.

Kelima, melibatkan konsumen untuk membuktikan langsung kelebihan produk Anda. Sekarang ini konsumen di pasaran sudah mulai cerdas, mereka mulai selektif dalam menanggapi penawaran, sehingga sebagai seorang pelaku pasar Anda harus pintar-pintar untuk meyakinkan calon konsumen. Misalnya saja dengan mengajak calon konsumen untuk ikut demonstrasi produk agar bisa membuktikan langsung kelebihan produk Anda.
Nah, semoga kelima tips pemasaran yang telah kita bahas bersama bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung memasarkan produk-produknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar